3 Langkah Menanam Bunga Melati di Pot, Cocok untuk Pemula

Bunga melati. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 2 Mei 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Bunga melati adalah salah satu tanaman populer di Indonesia. Selain aromanya yang menenangkan, kecantikan bunga melati juga dapat memperindah pekarangan rumah.

Selain dimanfaatkan keindahannya, bunga melati juga memiliki manfaat kesehatan. Bunga melati memiliki tinggi polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Mengutip berbagai sumber, bunga melati juga diketahui memiliki kandungan EGCG yang kuat. Kandungan tersebut memiliki berbagai manfaat salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Karena berbagai manfaatnya itulah, tidak ada salahnya untuk menanam bunga melati di rumah.

Berikut cara menanam bunga melati di pot, dijamin mudah khususnya bagi pemula.

1. Menyiapkan Bibit

Pertama-tama, cara menanam bunga melati tentunya menyiapkan bibitnya. Kamu bisa memilih bibitnya dengan memilih batang bunga melati yang berukuran sedang. Potong batang tersebut sepanjang 12 cm.

Cara menanam bunga melati dengan cara stek ini bisa dilakukan di dalam pot atau polybag. Jangan lupa diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pasir.

Setelah itu, siram bibit 1-2 kali sehari dan pastikan media tanamnya juga basah. Bibit bunga melati akan menumbuhkan tunas baru, setelah itu bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar.

2. Pemindahan Tunas Baru

Siapkan pot berukuran sedang atau sesuai dengan bibit bunga melati. Masukkan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk organik. Perbandingannya adalah 1:1:1.

Tanam tunas bunga melati, tutup kembali dengan media tanam hingga pot penuh. Setelah selesai, jangan lupa siram tunas bunga melati. Tempatkan di bawah sinar matahari minimal 4 jam sehari.

Baca Juga: 3 Langkah Menanam Bunga Melati di Pot, Cocok untuk Pemula
6 Bunga Ini Dapat Dimanfatkan sebagai Obat

3. Perawatan

Beberapa jenis bunga melati dapat tumbuh menjalar sehingga harus dilakukan pemangkasan secara rutin. Lakukan pemangkasan secara berkala.

Selain itu, lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman agar nutrisi untuk bunga melati maksimal. Penyiraman dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari.