Tips Memilih dan Menggunakan Kencur sebagai Bahan Masakan

Ilustrasi kencur (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 4 Mei 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Kencur adalah tanaman herbal yang tumbuh subur di wilayah Asia seperti Cina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ia bisa dengan mudah ditemukan, baik di pasar tradisional maupun modern.

Umumnya kencur yang diperjualbelikan adalah kencur yang kondisinya sudah dalam keadaan bersih. Namun saat membelinya, pastikan memilih kencur yang masih segar dan berkualitas baik.

Hal ini akan mempengaruhi rasa pada masakan. Sebab kencur yang baik agar semakin baik pula dalam menambah cita rasa dari masakan yang akan dibuat. Lantas bagaimana cara memilih kencur yang baik? Berikut penjelasannya.

Ciri-cirinya kencur dengan kualitas baik adalah :

1. Memiliki bentuk yang mulus dan tidak ada bercak serta tidak ada bagian yang busuk.
2. Memiliki tekstur yang padat dan keras, sehingga jika ditekan tidak terasa lembek.
3. Tidak berkeriput, sebab kencur yang sudah tidak segar lagi akan terlihat berkeriput.

Setelah mengetahui bagaimana ciri-ciri dari kencur yang baik, selanjutnya Sobat Agri juga harus memahami, bagaimana penggunaan kencur sebagai penyedap dalam masakan.

Baca Juga: Tips Memilih dan Menggunakan Kencur sebagai Bahan Masakan
5 Rempah Ini Menjadi Kunci Awet Muda

Pertama-tama kupas kulit kencur dengan pisau secara menyeluruh. Lalu setelah itu iris tipis-tipis, untuk kemudian dihaluskan dengan ulekan atau diblender. Terkadang untuk beberapa menu atau hidangan tertentu, kamu harus memarutnya dengan parutan tradisional agar cita rasa masakan terasa lebih khas.

Namun karena kencur ini digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada masakan, pastikan kamu menggunakannya secukupnya saja. Sebab jika terlalu banyak digunakan maka rasa masakannya akan terasa kecut dan pahit.

Video Terkait