6 Buah Ini Bisa Ditanam dengan Cara Hidroponik

Ilustrasi Tanaman Hidroponik (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Sudahkah kamu tahu kalau kita bisa menanam buah-buahan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam? Cara menanam tanpa tanah ini dikenal dengan nama hidroponik.

Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, tetapi menggunakan air sebagai media tanam. Hal ini memungkinkan kita untuk bercocok tanam di rumah tanpa harus punya lahan yang besar.

Banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik, terutama tanaman yang bisa kita konsumsi. Salah satu tanaman yang sedang dikembangkan untuk ditanam secara hidroponik adalah buah-buahan.

Mengutip berbagai sumber, berikut buah yang bisa kamu tanam dengan cara hidroponik. 

1. Anggur

Karena tumbuh merambat, pohon anggur sering dijadikan sebagai tanaman hias juga di pekarangan rumah. Namun, sekarang kita juga bisa menanamnya dengan cara hidroponik.

Perlu diperhatikan, jika ingin menanam anggur hidroponik adalah harus terkena sinar matahari yang cukup.

2. Blueberry

Buah satu ini masih berkerabat dengan stroberi yang termasuk jenis buah beri. Kalau stroberi mempunyai biji-biji di luar, blueberry punya tekstur luar yang halus.

Untuk menanam blueberry membutuhkan kondisi tanah asam yang tinggi. Karena itu menanam blueberry dengan cara yang hidroponik bisa lebih mudah.

Dengan mengawasi kadar keasaman dan kecukupan air yang rutin, blueberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang besar.

3. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat untuk mencerahkan kulit kita. Tomat yang ditanam dengan hidroponik biasanya menghasilkan vitamin yang lebih baik dan rasanya akan lebih manis.

4. Stroberi

Stroberi juga terkenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi juga bisa dimanfaatkan menjadi banyak jenis makanan. Seperti selai, jus, hiasan kue, dan jenis makanan dan minuman lainnya.

Buah stoberi dikenal sebagai buah yang dapat hidup di dataran tinggi. Namun jika menggunakan cara hidroponik, stroberi bisa ditanam di dataran rendah. Selain itu, tanaman stroberi hidroponik biasanya lebih menghasilkan buah yang lebih banyak.

5. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah musim panas. Hal ini karena semangka mengandung banyak air yang bisa menyegarkan di tengah cuaca yang panas.

Baca Juga: 6 Buah Ini Bisa Ditanam dengan Cara Hidroponik
Cara Penyimpanan dan Konsumsi Buah Matoa yang Enak dan Menyegarkan

Menanam semangka dengan cara hidroponik memerlukan perhatian khusus. Masa panen semangka hidroponik adalah 2-3 bulan setelah ditanam.

6. Melon

Siapa yang suka makan melon? Buah ini termasuk yang banyak digemari. Sama seperti menanam semangka secara hidroponik, menanam melon dengan cara hidroponik membutuhkan tempat yang luas.

Mengingat buah ini berukuran besar, jadi tidak mungkin jika menanamnya di tempat yang sempit.

Video Terkait