Jangan Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Keperluan Rumah

Ilustrasi kulit jeruk (Pexels)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 4 Mei 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi. Namun buah ini tidak bisa dimakan bersama bersama dengan kulitnya, seperti misalnya buah apel, anggur, atau jambu. Umumnya saat memakan daging jeruk, kulitnya langsung dibuang.

Namun sebenarnya jangan langsung buru-buru membuangnya. Tahukah kamu bahwa kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk banyak hal di rumah. Lalu apa saja manfaatnya, yuk kita simak sama-sama uraian berikut ini.

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Keperluan di Rumah

1. Menyegarkan Aroma Kulkas

Manfaat pertama bisa digunakan untuk menyegarkan aroma kulkas. Caranya mudah, kamu hanya perlu memberinya garam lalu letakkan di dalam kulkas.

Garam disini berfungsi untuk menyerap aroma tidak sedap di kulkas, sementara kulit jeruk akan membantu memberikan aroma segar.

2. Menyegarkan Aroma Lemari

Selain kulkas, kulit jeruk juga bisa untuk menyegarkan aroma lemari pakaian atau lemari lainnya. Tidak repot, kamu cukup meletakkannya di wadah dan menggantinya saat kulit jeruk sudah mengering.

3. Menyegarkan Aroma Oven

Oven adalah barang elektronik yang kerap digunakan sehari-hari. Jika tidak dirawat dengan baik, seringkali oven meninggalkan aroma tidak sedap. Kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk membantu menghilangkan aroma bekas ikan dan daging dalam oven.

Caranya yakni dengan memasukkan kulit jeruk dalam oven, kemudian nyalakan oven dengan suhu sekitar 170 – 180 derajat Celcius. Seketika kulit jeruk akan menyebarlan aroma segar dalam oven.

4. Membantu Membersihkan Kayu

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari kayu, seperti meja atau lemari. Caranya cukup dengan mencampurkan kulit jeruk dengan cuka dalam sebuah wadah dan dibiarkan selama dua minggu.

Kemudian saring campuran ini dan sisihkan sisa kulit jeruk. Kita bisa menggunakan campuran cuka dan kulit jeruk ini sebagai cairan pembersih yang disemprotkan ke permukaan bahan kayu. Lap dan bersihkan dengan kain bersih.

5. Membantu Membersihkan Logam

Selain itu kulit jeruk bisa digunakan untuk membersihkan bahan yang terbuat dari logam, misalnya saja keran pencuci piring juga peralatan memasak yang terbuat dari bahan logam. Pada peralatan memasak, kulit jeruk bisa membantu mengangkat lemak yang menempel pada perabotan.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Keperluan Rumah
3 Efek Samping Jika Konsumsi Kulit Jeruk Secara Berlebihan

6. Mengusir Nyamuk

Bagi kita aroma kulit jeruk sangat menyegarkan, namun tidak bagi nyamuk, kecoa dan semut api. Aroma dari kulit jeruk ini tidak disukai mereka sebab mengandung senyawa limonene yang beracun bagi nyamuk, lalat, dan serangga lainnya.

Oleh karena itu kita memanfaatkan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Caranya dengan meletakkan kulit jeruk pada mangkuk di sudut-sudut rumah, di mana sering ada serangga itu, misalnya dekat jendela atau pintu.

Video Terkait