Bukan Sekadar Hiasan, 5 Tanaman Ini Bisa Menetralisir Racun

Ilustrasi Tanaman Hias (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Jika kamu ingin dekorasi indah dan juga fungsional, tanaman hias salah satu pilihannya. Beberapa tanaman hijau yang ditempatkan dengan baik tidak hanya dapat mencerahkan ruangan, tetapi memurnikan udara dan menciptakan suasana yang lebih santai dan tenang.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat dengan baik mengurangi tingkat stres dan mampu memberikan ketegangan. Kalau waktumu terbatas untuk mengunjungi alam terbuka, kamu bisa kok menghadirkan tanaman hijau di ruangan bahkan meja kerjamu.

Bingung untuk menentukan tanaman apa yang ingin dipilih sebagai penghias ruangan sekaligus membersihkan racun? Simak daftar berikut ini.

1. Peace Lily

Tanaman bunga lili yang indah adalah bunga yang baik untuk kesehatan dan juga indah untuk disimpan di rumah. Bunga lili tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan suhu yang lebih sejuk. Tanpa kamu sadari, tanaman ini juga dapat mengurangi tingkat sejumlah racun di udara lho.

2. Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya memiliki sejumlah sifat penyembuhan. Tidak hanya melembutkan kulit dan luka bakar, gel tersebut juga dapat membantu untuk membersihkan kualitas udara di rumahmu. Lidah buaya dapat membantu membersihkan udara dari polutan yang ditemukan dalam produk pembersih kimia.

Ketika jumlah bahan kimia berbahaya di udara berlebihan, daun tanaman ini menampilkan bintik-bintik coklat. Supaya tidak mudah membusuk atau layu, tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari tidak langsung ya.

3. Snake Plant (Lidah Mertua)

Lidah mertua tidak perlu banyak cahaya atau air untuk bertahan hidup, sehingga mereka adalah pilihan yang mudah untuk setiap sudut rumahmu. Tanaman ini menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, sementara kebanyakan tanaman melakukannya di siang hari. Jadi tidak ada salahnya untuk menambahkan satu pot lidah mertua ke kamar tidurmu untuk meningkatkan udara bersih.

Baca Juga: Bukan Sekadar Hiasan, 5 Tanaman Ini Bisa Menetralisir Racun
Ini Dia Bunga Pukul Empat, Bunga Unik yang Hanya Mekar Pada Waktunya

4. Bambu Palem

Bambu Palem masuk dalam daftar yang dibuat NASA atas tanaman udara bersih dengan skor pemurnian 8,4. Tanaman ini juga sangat efektif untuk membersihkan benzena dan triklor etilen yang terdapat di udara. Tanaman ini perlu disiram dengan baik, dalam naungan atau sinar matahari tidak langsung.

5. Pohon Karet

Pohon karet baik untuk membersihkan udara dan merupakan salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh. Tanaman ini tumbuh subur bahkan dalam pencahayaan yang redup dan iklim yang lebih dingin.

Video Terkait