Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Makan Apel yang Benar

Ilustrasi Apel (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 9 Mei 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Buah apel memiliki rasa yang manis, tekstur yang renyah, dan mengandung banyak serat dan vitamin, yang membuat buah ini menjadi satu dari camilan buah yang paling populer di dunia.

Cara memakan apel kita saat ini sepertinya sudah turun-menurun dengan menyisakan bagian tengah apel yang ada bijinya. Akun Instagram bernam Food Beast membagikan sebuah video yang memperlihatkan cara memakan apel yang tak biasa dengan menyisakan bagian intinya.

Lalu ia, Elie Ayrouth, dan orang yang ada dalam video tersebut, membuat kita semua tercengang dengan memakan apel mulai dari bagian bawah hingga ke bagian atas, tanpa menyisakan secuilpun bagian apel.

Mengutip dari halaman Mother Nature Network, ketika kita memakan satu apel secara utuh, kita tak hanya mendapatkan serat dan nutrisi tambahan, tapi juga menelan sekitar 10 kali bakteri lebih banyak daripada orang-orang yang makan daging apel di sekitar intinya saja.

Namun, yang mengejutkan, bakteri-bakteri itu mungkin jadi hal yang baik, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Frontiers in Microbiology.

Para peneliti dari Universitas Teknologi Graz di Austria menganalisis apel yang dibeli di toko dan apel organik, membandingkan bakteri di dalam batang, kulit, daging, biji-bijian, dan kelopak.

Mereka menemukan bahwa kedua jenis apel memiliki jumlah bakteri yang sama, tetapi sebagian besar ditemukan dalam biji. Jadi, jika kamu tidak makan intinya, kamu tidak mendapatkan sebagian besar bakteri baik tersebut.

Baca Juga: Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Makan Apel yang Benar
3 Tips Menyimpan Apel agar Lebih Awet

Salah satu jenis bakteri yang disebut Lactobacillus - komponen probiotik - ditemukan dalam apel organik, yang berarti memakan inti mungkin bermanfaat bagi kesehatan usus. Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa apel organik memiliki komunitas bakteri yang lebih beragam dan seimbang.

Jadi, jika kamu bisa mengatasi faktor keanehan dengan memakan apel utuh, kamu mungkin mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak.