5 Jenis Sayuran dengan Punya Kandungan Zat Besi Tertinggi

Ilustrasi sayuran di pasar. (Unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 4 Mei 2022 | 13:30 WIB

Sariagri - Zat besi adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Perannya sangat penting dalam memproduksi hemoglobin, yang merupakan protein dalam sel darah merah.

Sel darah sendiri sangat berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu peran zat besi amat begitu penting.

Umumnya, zat besi dapat ditemukan dari berbagai macam makanan, buah-buahan, dan juga sayuran. Lalu, sayuran apa saja yang sekiranya mengandung banyak zat besi? Mari kita simak ulasan berikut.

Sayuran yang Mengandung Zat Besi

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis sayuran yang mengandung zat besi tingg. Lima teratas diantaranya adalah:

1. Bayam

Tahukah kamu bahwa bayam adalah sayuran yang mengandung zat besi tinggi. Dalam setiap 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi.

Namun bukan hanya zat besi, melainkan vitamin dan mineral juga terkandung di dalamnya, seperti kalsium, asam folat, sodium, dan lainnya.

2. Brokoli

Brokoli atau nama latinnya Brassica oleracea, juga termasuk sayuran yang kaya akan zat besi. Tiap 100 gram brokoli mengandung 0,7 mg zat besi. Cukup banyak dibandingkan sayuran lainnya.

Namun perlu diketahui kandungan protein brokoli matang dan mentah berbeda. Sebab brokoli yang dimasak terlalu lama akan membuat proteinnya larut.

3. Kentang

Selanjutnya ada sayuran kentang. Dalam setiap 100 gram kentang mengandung 0,8 gram zat besi. Selain zat besi, kentang juga banyak mengandung kalsium dan vitamin C. Kalsium sebanyak 12 mg dan vitamin C sebanyak 19,7 mg.

4. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang paling sering ditemui dan dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dalam setiap 100 gram kangkung mengandung 1,7 mg zat besi.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran dengan Punya Kandungan Zat Besi Tertinggi
Cocok untuk Pemula, Ini 5 Tanaman Sayuran yang Mudah Dirawat

Selain mencegah anemia, konsumsi kangkung juga memiliki banyak manfaat, seperti mencegah kanker, mencegah radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menyehatkan jantung.

5. Swiss Chard

Swiss chard adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga kale dan bayam. Sayuran ini memiliki bentuk yang menarik dan unik, yaitu daunnya yang berwarna hijau mengkilap serta tangkainya yang berwarna-warni.

Pada 100 gram swiss chard mengandung 1,8 mg zat besi, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Video Terkait