4 Langkah Menanam Bunga Kembang Sepatu, Yuk Simak!

Ilustrasi kembang sepatu. (pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Siapa yang tidak kagum dengan kecantikan bunga kembang sepatu. Warnanya yang merah merekah serta bentuknya yang unik, membuat beberapa orang tertarik merawat bunga sepatu.

Bunga kembang sepatu semakin akrab dengan masyarakat karena kerap dijadikan model pembelajaran di sekolah. Bentuknya yang detail dan sempurna membuat proses pembelajaran lebih mudah.

Untuk kamu yang tertarik, berikut cara menanam bunga kembang sepatu di pot.

1. Mengetahui Cuaca Area Penanaman

Bunga kembang sepatu adalah tanaman yang hidup panjang. Bunga kembang sepatu diketahui dapat hidup hingga 40 tahun. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini adalah jenis tanaman semak yang bisa bertahan lama.

Meski demikian, bukan berarti bunga kembang sepatu bisa hidup di mana saja. Bunga kembang sepatu tidak bisa hidup di daerah yang suhunya terlalu dingin. Tanaman ini bisa hidup di daerah dengan suhu 15-32 derajat Celsius.

2. Menyiapkan Media Tanam

Siapkan pot dengan campuran tanah dan pupuk rendah fosfor. Hal tersebut dikarenakan bunga kembang sepatu adalah tanaman yang menyukai tanah asam.

Jika pH tanah terlalu basa, kamu bisa menambahkan tanah gambut. Tanah tersebut bisa membuat tanaman menjadi lebih subur dan sehat.

3. Menanam Benih

Buat lubang pada media tanam sedalam sekitar 1-2 cm. masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang lalu tutupi kembali dengan tanah. Lakukan perawatan dengan menyiramnya dua hari sekali dan jangan sampai tanah basah kuyup.

Baca Juga: 4 Langkah Menanam Bunga Kembang Sepatu, Yuk Simak!
'Ratu Benih' Palestina Bawa Labu Yakteen ke Tanah Pertanian Amerika

4. Perawatan

Meski penyiraman tanaman bunga kembang sepatu jangan sampai basah kuyup, namun tidak baik juga jika tanah kering. Jika tanah kering, justru tanaman kembang sepatu mati perlahan-lahan sebelum menginjak usia dewasa.

Jika sudah tumbuh, pemangkasan dilakukan agar tanaman bisa terlihat rapi dan tidak seperti semak liar. Tak hanya itu, pemangkasan yang dilakukan pada ranting dan dahan juga bisa memicu munculnya lebih banyak bunga.

Video Terkait