Viral Cerita WNI Kerja Jadi Petani Bawang Merah di Jepang

Viral cerita WNI jadi petani bawang di Jepang (TikTok)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Kamis, 5 Mei 2022 | 19:00 WIB

Belum lama ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan cerita seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai petani bawang di Jepang. Video tersebut dibagikan melalui akun TikTok @seputarjepang.

Dalam unggahannya, pemilik akun yang bernama Ahmad Fauzan mengungkapkan setelah tiga tahun menjalani magang, ia lanjut bekerja sebagai petani bawang.

"Jadi saya tuh sudah selesai magang 3 tahun, sekarang saya kerja sebagai petani bawang di Jepang, btw saya orang Indonesia sendirian lho," tulisnya dalam unggahan video.

"Lokasinya di Minami Awaji Shi, silahkan cek gugel, bener-bener pelosok," sambungnya.

Fauzan mengungkapkan awalnya ia sempat mendapat komentar negatif lantaran bekerja jadi petani bawang di Jepang. Namun, ia tetap menghiraukan komentar negatif tersebut.

“Ada yang bilang jauh-jauh ke Jepang cuma jadi petani bawang. Cuma ya bodo amat si yang penting gue gak jadi beban keluarga," sautnya,” ujarnya.

Sontak unggahan tersebut pun berhasil menyita perhatian warganet. Hingga berita ini dibuat sudah lebih dari 1,6 juta pengguna yang menyaksikan unggahan tersebut. Tak sedikit pula warganet yang ikut memberikan komentar.

“Semangat bertani mas,” komen seorang warganet.

“Gaji penting, pengalaman atau ilmu juga penting buat dikembangkan di Indonesia nanti,”

Kepada Sariagri, Fauzan mengatakan selama menjadi petani, ia begitu terkesan dengan peralatan canggih di Jepang.

“Alat-alat (pertaniannya) canggih mas trus petani di Jepang bener bener mengedepankan kualitas,” ucapnya.

Ia mengatakan jika bawang merah di Jepang sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia. Menurutnya, bawang merah di sana memiliki bentuk lebih mirip bawang bombai.

Kini Fauzan sedang resign dari tempat kerjanya di Jepang dan sedang berada di Indonesia untuk mengurus izin Lembaga Pelatihan Kerja.

“Saya sekarang lagi di Indonesia, Insya Allah akan segera kembali (ke Jepang). Trus saya buat LPK mau dibagusin dulu timnya,” pungkasnya.

Video Terkait