4 Langkah Menanam Bawang Bombay, Bisa di Pot atau Lahan

Ilustrasi bawang bombay. (pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Bawang adalah satu bumbu dapur andalan masakan Indonesia. Baik bawang merah, bawang putih maupun bawang bombay, dapur dan rumah seketika harus ketika bawang-bawang tersebut ditumis.

Apalagi bawang bombay, memiliki berbagi manfaat kesehatan. Bawang bombay diketahui dapat mengurangi risiko kanker, memperbaiki suasan hati dan menjaga kesehatan kulit.

Ternyata bawang bombay bisa ditanam di pot. Sebelumnya, perhatikan bahwa paling baik untuk bercocok tanam bawang bombay adalah di daerah dengan udara sejuk. Suhu paling ideal adalah 18 hingga 20 derajat Celsius. 

Selain suhu, pertimbangkan pula apakah tempat tanam cukup terbuka untuk menerima sinar matahari, Hal tersebut dikarenakan tanaman bawang bawang bombay akan tumbuh subur jika mendapatkan cahaya yang cukup.

Mengutip situs Dinas Pertanian Provinsi Banten, berikut cara menanam bawang bombay di pot.

1. Waktu Tanam

Sebelum mulai menanam, perhatikan cuaca saat itu. Penanaman bawang bombay paling bagus saat kemarau. Meski demikian, musim yang kering tersebut harus diimbangi dengan pemberian air yang cukup.

Pada awal pertumbuhannya, bawang bombay memerlukan air dalam jumlah banyak.

2. Pembibitan Bawang Bombay

Ada dua cara penanaman yang bisa dipilih, yaitu menanam biji atau umbi. Umumnya orang lebih memilih menanam umbi bawang merah karena lebih mudah dicari meskipun harganya lebih mahal.

3. Penyiapan Media Tanam

Biji atau umbi bawang sebaiknya ditanam pada tanah gembur. Buatlah peneduh untuk melindungi media tanam. Pengolahan tanah dilakukan dua minggu atau sebulan sebelum bibit ditanam.

Sekitar satu minggu sebelum penanaman, lakukan pemupukan. Gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah tua. Pemupukan selanjutnya dilakukan dua tiga hari sebelum bibit ditanam.

Baca Juga: 4 Langkah Menanam Bawang Bombay, Bisa di Pot atau Lahan
Kementan: Bisnis Hortikultura Masih Hasilkan Untung

4. Cara Menanam

Cara menanam lewat biji harus diawali dengan penyemaian. Sedangkan jika dengan maka perlu dibuatkan lubang untuk membenamkan.

Sebelum umbi ditanam, potong ujung umbi dan dikeringkan. Buat lubang pada tanah yang sudah disediakan, baik di pot atau bedengan. Usahakan ditanam pada sore hari.

Video Terkait