Fakta tentang Manfaat Bayam untuk Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi bayam brazil. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 6 Mei 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Jika kamu jarang memasukkan bayam dalam menu makan siang atau malam, coba pikirkan ulang. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari bayam salah satunya mendorong pertumbuhan rambut.

Rambut membutuhkan perhatian dan nutrisi khusus agar tetap sehat. Bayam kaya akan zat besi, protein, vitamin A dan C, dan zat gizi mikro lainnya, yang semuanya dapat menjaga kesehatan rambut, memelihara folikel, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Sebagian besar dari kita tumbuh menyaksikan Popeye memompa senjatanya setelah menelan sekaleng bayam. Tapi tahukah bahwa bayam baik untuk lebih dari sekadar mendapatkan kekuatan? Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kaya akan antioksidan.

Alasan mengapa bayam baik untuk pertumbuhan rambut adalah sebagai berikut.

  • Bayam kaya akan vitamin K, A, C, B2, B6, B1, E, mangan, seng, dan zat besi. Nutrisi ini membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut serta mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bayam membantu mencegah kerusakan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.
  • Vitamin B dan C sangat baik untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Kandungan tersebut mempercepat laju pertumbuhan rambut dengan meningkatkan kadar kolagen dan keratin.
Baca Juga: Fakta tentang Manfaat Bayam untuk Pertumbuhan Rambut
Catat! Ini 6 Buah dan Sayuran Paling Kotor yang Ada di Supermarket

Selain dimakan langsung, manfaat bayam untuk pertumbuhan bisa dirasakan dengan membuatnya sebagai masker. Mengutip Style Craze, berikut cara membuat masker bayam untuk rambut:

Bahan

  • 1 cangkir Daun Bayam.
  • 1 sdm madu.
  • 1 sdm minyak zaitun atau kelapa.

Cara Menggunakan

  1. Masukkan bayam dan minyak zaitun ke dalam blender dan haluskan sampai mendapatkan pasta yang halus dan konsisten.
  2. Oleskan pasta ini ke seluruh kulit kepala hingga ujung rambut.
  3. Setelah rambut dan kulit kepala mendapati pasta bayam, biarkan selama 30 menit hingga satu jam.
  4. Bilas rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku.
  5. Gunakan sampo ringan bebas sulfat.

Video Terkait