5 Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan, Menyehatkan Tulang hingga Mata

Ilustrasi anggur hijau. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 8 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Anggur hijau adalah buah manis dan begitu populer. Karena rasa manisnya itu, anggur hijau bisa menjadi alternatif camilan. Apalagi kamu dapat memakannya langsung tanpa diolah atau dikupas.

Meski demikian, anggur hijau lebih dari sekadar camilan yang nikmat. Buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat anggur hijau untuk kesehatan.

1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Anggur mengandung senyawa kimia yang disebut resveratrol. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat membantu tubuh memetabolisme asam lemak, meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Semua itu dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, buah anggur hijau juga mengandung banyak flavonoid, jenis antioksidan kuat yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara mengontrol tekanan darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium. Kalium mengikat natrium dalam aliran darah, membantu mengeluarkannya dari sistem.

Anggur hijau dikemas dengan potasium dan serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur sistem kardiovaskular.

3. Menurunkan Kolesterol

Senyawa yang ditemukan dalam anggur hijau dapat membantu melindungi tubuh terhadap kadar kolesterol tinggi dengan mengurangi penyerapan kolesterol.

Dalam studi 8 minggu pada 69 orang dengan kolesterol tinggi, makan 3 cangkir (500 gram) anggur per hari membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: 5 Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan, Menyehatkan Tulang hingga Mata
Lima Buah Super untuk Lengkapi Dietmu

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Anggur hijau mengandung kalsium, magnesium, potasium, fosfor, mangan, vitamin K dan mineral penting lainnya yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Juga, senyawa resveratrol yang ditemukan dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

5. Menyehatkan Penglihatan

Anggur mengandung Vitamin A termasuk karotenoid Lutein dan Zeaxanthin yang dikenal untuk membantu menjaga penglihatan. Diet yang mengandung anggur hijau dapat memberikan perlindungan substansial terhadap masalah mata, termasuk degenerasi makula terkait usia, glaukoma, katarak, dan kondisi mata lainnya.

Video Terkait