Viral! Jamur Bambu Hitam Langka dan Dijual hingga Ratusan Juta

Ilustrasi jamur berwarna hitam. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Senin, 9 Mei 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Terdapat berbagai jenis jamur di dunia, salah satunya adalah jamur ong tiing atau jamur bambu hitam. Sesuai namanya, jamur ini memiliki warna kecoklatan menuju hitam.

Jamur bambu hitam ini sangat diburu oleh banyak orang. Biasanya jamur ini ditemukan atau tumbuh pada batang bambu. Meski demikian, keberadaan jamur ini sangat langka dan jarang sekali ditemukan.

Menurut berbagai sumber, untuk menemukan jamur bambu hitam ini. membutuhkan faktor keberuntungan dan ketelitian yang tinggi. Hingga ada istilah, hanya orang yang berjodoh dengan jamur ini yang mampu menemukannya.

Selain itu, jamur bambu hitam ini banyak dicari bukan untuk dikonsumsi. Jamur bambu hitam diketahui digunakan sebagai sarana untuk perlindungan pekarangan rumah dari serangan ilmu hitam.

Menurut keterangan penjual jamur bambu hitam di e-commerce, jamur bambu hitam kiga dipercaya sebagai penangkal maling serta tuyul yang mau memasuki pekarangan rumah yang memiliki.

Baca Juga: Viral! Jamur Bambu Hitam Langka dan Dijual hingga Ratusan Juta
Benarkah Jamur Enoki Bisa Mengganggu Kesehatan Manusia? Simak Ulasannya Disini!

Cara menggunakan jamur bambu hitam ini adalah dengan merendam jamur dengan air laut, air sungai dan air danau. Air tersebut kemudian dipercikkan di lingkungan atau pekarangan yang dirasa perlu dilindungi seperti rumah atau tempat usaha.

Karena keberadaannya yang begitu langka, jamur bambu hitam dijual dengan harga selangit. Merujuk salah satu e-commerce ternama di Indonesia, harga jamur bambu hitam dengan berat 50 gram dihargai sekitar Rp25 juta, bahkan ada yang menjualnya hingga Rp500 juta.

Video Terkait