Jamur Bambu Hitam Bisa Menangkal Serangan Ilmu Hitam, Apa Benar?

Ilustrasi jamur bambu hitam (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 9 Mei 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Jamur adalah salah satu bahan pangan yang sangat populer. Tumbuhan ini tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil. Namun ia bisa hidup dalam habitat apa saja dan umumnya ia banyak ditemukan tumbuh pada akar-akar tanaman.

Belum lama ini, ada salah satu jenis jamur yang sedang naik daun dan tengah ramai dicari orang. Jamur ini bernama jamur bambu hitam. Sesuai dengan namanya, jamur ini memiliki warna hitam mengkilap yang tumbuh dalam beberapa ruas, akar rumpun bambu yang lebat dan rindang.

Meski cukup terkenal, jamur ini ternyata keberadaannya sangat langka dan jarang sekali ditemukan. Tak heran mengapa harga dari jamur ini cukup melambung tinggi.

Jamur berwarna hitam mengkilat ini ternyata juga punya nama lain, yaitu Ong Bulan. Hal ini dikarenakan jamur ini memiliki ciri-ciri permukaan kulit, berwarna coklat kehitaman mengkilat yang ukurannya sebesar dengan Ong Bulan.

Bagi masyarakat Bali, Ong Bulan atau Ong Tiing ini tidak hanya sebuah jamur yang unik, tetapi jamur ini juga dikenal mempunyai manfaat lain yang supranatural yaitu untuk menangkal dan melindungi serangan ilmu hitam.

Hal inilah yang akhirnya turut diyakini oleh banyak masyarakat diluar Bali. Banyak orang yang berburu tanaman mistis ini, namun bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk dikoleksi dan melindungi rumah serta penghuninya dari serangan ilmu hitam.

Baca Juga: Jamur Bambu Hitam Bisa Menangkal Serangan Ilmu Hitam, Apa Benar?
Simak Begini Tips Aman Mengonsumsi Jamur Enoki Agar Tetap Aman

Tak hanya itu saja, jamur bambu hitam ini juga bisa digunakan sebagai penangkal maling serta tuyul yang mau memasuki pekarangan rumah yang memiliki ong tiing ini.

Lantas bagaimana caranya? Menurut kepercayaan orang sekitar, dengan merendam jamur bambu hitam atau ong tiing ini dengan air laut, air sungai dan air danau dan kemudian memercikkannya dilingkungan pekarangan dan tempat usaha atau pedagangan, maka niscaya pencuri atau tuyul tidak akan berani mendekat. Hal ini dikarenakan pancaran gaib yang ditimbulkan sangat dashyat dari rendaman air tersebut.

Video Terkait