Tabulampot Adalah Bertanam di Pot, Berikut Tanaman Buah Terbaiknya

Ilustrasi tanaman buah di pot. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 9 Mei 2022 | 18:10 WIB

Sariagri - Terbatasnya lahan bukan lagi halangan untuk menyalurka hobi berkebun atau bercocok tanam. Ada cara agar bisa menanam tanaman di lahan sempit sekalipun yaitu dengan tabulampot.

Tabulampot adalah kepanjangan dari tanaman buah dalam pot. Artinya, tumbuhan yang dibudidayakan dalam pot dan memiliki tujuan yaitu untuk hiasan ataupun untuk diproduksi buahnya.

Istilah lainnya mengutip situs resmi Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Buleleng, tabulampot adalah teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk dapat menumbuhkan tanaman yang produktif di dalam pot.

Manfaat penghijauan dengan cara tabulampot adalah sebagai berikut.

  • Solusi untuk keterbatasan lahan tanam.
  • Menghias sekitar jalan raya agar terlihat lebih asri.
  • Menghias lahan sempit di permukiman sehingga lingkungan terlihat hijau dan asri.
  • Mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor.
  • Memudahkan perawatan tanaman.

Teknik tabulampot sudah lama dikembangkan dan dimanfaatkan oleh banyak orang, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Manfaat penghijauan melalui tabulampot adalah salah satunya membuat taman sendiri di pekarangan yang menyejukkan bahkan buah yang didapat bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Selain itu perawatan dari tabulampot adalah tidak sulit. Sama halnya dengan tanaman dengan media lain, tabulampot ini memerlukan pupuk, air, dipangkas jika dibutuhkan, dan lain-lain.

Pentingnya pemangkasan tabulampot dipangkas karena tanaman cenderung akan tumbuh terus, baik tumbuh ke atas ataupun tumbuh ke samping.

Mengutip berbagai sumber, jenis tanaman buah yang dapat menggunakan teknik tabulampot adalah sebagai berikut.

1. Jeruk

Semua jenis jeruk dapat ditanam di dalam pot. Jenis jeruk yang bisa ditanam adalah siam, keprok, limau, nipis, dan lemon.

Untuk menanam tanaman jeruk di dalam pot, perlu menggunakan bibit jeruk, media tanam, pot dengan ukuran 35-50 cm tinggi 60 cm.

Selain itu, tanaman juga memerlukan pupuk, dan pestisida bila diperlukan. Umumnya, tanaman jeruk di pot dapat berbuah setelah 1-2 tahun.

2. Srikaya

Tanaman srikaya adalah tanaman yang dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah dan iklim. Buah srikaya juga dapat muncul sepanjang tahun. Untuk hasil panen yang cepat, kamu bisa memilih bibit yang sudah mulai berbunga.

Pemindahan bibit srikaya membutuhkan pot dengan diameter 40 cm. Media tanamnya adalah campuran tanah, sekam, dan humus. Pupuk juga haus diberikan untuk kesuburan tanaman srikaya.

3. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang tanamannya sering dibudidayakan dengan tabulampot. Buah mangga memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga hampir semua orang menyukai mangga.

Selain itu, buah mangga bisa dijual dan akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Varietas mangga yang biasa ditanam dengan cara tabulampot adalah mangga arumanis dan mangga golek.

4. Apel

Jenis apel yang dapat menggunakan sistem tabulampot yaitu apel manalagi, apel rome beauty, dan apel ana. Bibit apel yang digunakan bisa berasal dari biji atau bibit stek indukan.

Untuk menanam apel di pot, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah pot berdiameter kurang lebih 40 cm, tanah gembur, dan aram sekam. Jika umur pohon apel sudah berumur 4-5 bulan setelah penanaman tunas, tanamannya sudah bisa berbuah dan siap dipanen.

5. Jambu Biji

Tanaman jambu biji bisa diperbanyak dengan cara perbanyakan vegetatif seperti stek, okulasi, sambung pucuk dan Cangkok. Tanaman jambu kristal juga populer lebih cepat berbuah.

Baca Juga: Tabulampot Adalah Bertanam di Pot, Berikut Tanaman Buah Terbaiknya
Cara Mudah Menanam Bunga Krisan di Pot, Pemula Bisa Coba

Cara menanam tanaman jambu buah kristal dengan pot adalah menyiapkan pot yang besar. Media tanam jambu yang disiapkan yaitu campuran tanah, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.

Media tanam dimasukkan ke dalam pot yang sudah disiapkan. Kemudian setelah dimasukkan ke dalam pot, bibit jambu kristal dimasukkan ke dalam media tanam dan isi pot hingga penuh dan padatkan.

Video Terkait