Benarkah Makan Singkong Saat Hamil Bisa Bikin Punya Anak Kembar?

Ilustrasi Singkong (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Rabu, 11 Mei 2022 | 17:55 WIB

Sariagri - Dalam menjalani bahtera rumah tangga, memiliki seorang anak merupakan impian setiap pasangan. Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh tuhan, entah anak perempuan atau anak laki-laki.

Namun, ada juga yang diberikan kesempatan untuk memiliki anak kembar. Akan tetapi seperti yang kita ketahui, peluang untuk memiliki anak kembar cukup sedikit. Hanya orang-orang tertentu dan beruntung saja yang bisa mendapatkan anak kembar.

kehamilan kembar hanya bisa terjadi akibat adanya hyperovulation. Hyperovulation adalah pelepasan sel telur matang lebih dari satu.

Meski demikian, bukan berarti hal ini memutuskan impian untuk bisa memiliki anak kembar. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan ini.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi singkong. Singkong dipercaya bisa meningkatkan kesempatan untuk mempunyai anak kembar hingga 50 persen.

Hal ini bermula dari penelitian di Afrika tentang sebuah desa bernama Igbo-Ora. Dikatakan desa ini memiliki tingkat kelahiran kembar tertinggi di dunia.

Dari hasil pengamatan masyarakat Igbo-Ora, singkong bisa dijadikan sebagai pendorong tingginya angka kelahiran kembar. Memang pernah ada satu penelitian yang mengaitkan singkong dengan kesuburan.

Sayangnya, karena ini hanya hasil penelitian seorang mahasiswa dari Yale University, belum dibuktikan secara resmi. Bukti ini juga tidak diperkuat karena belum adanya penelitian medis lebih lanjut.

Namun, secara umum hal ini bisa saja terjadi, meski tidak diketahui seberapa banyak dosis makan singkong yang dibutuhkan.

Baca Juga: Benarkah Makan Singkong Saat Hamil Bisa Bikin Punya Anak Kembar?
Kandungan Kelengkeng untuk Ibu Hamil, Lengkap dengan Manfaat yang Dimiliki

Perlu untuk kamu ketahui, dalam singkong atau jenis umbi-umbian lainnya terdapat zat diosgenin yang diyakini dapat membantu pelepasan sel telur lebih dari satu.

Tak hanya singkong, beberapa makanan seperti olahan susu untuk diet, makanan mengandung folat, serta inti buah nanas dan kacang-kacangan juga dipercaya meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar.

Video Terkait