Jangan Disingkirkan, Berikut 5 Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Ilustrasi Paprika. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 10 Mei 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Tidak banyak orang yang menyukai paprika. Hal tersebut dikarenakan rasa paprika yang pedas, namun sensasi pedasnya berbeda dengan cabai. Beberapa paprika asal Spanyol dikeringkan dengan cara diasap dan dengan demikian memiliki rasa berasap.

Warna paprika juga bervariasi dari oranye terang hingga merah tua. Paprika digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia, termasuk masakan Hungaria, Spanyol, dan Meksiko.

Terlepas disukai atau tidak, paprika memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mengutip WebMD, berikut manfaat paprika untuk kesehatan.

1. Sifat Antioksidan

Paprika mengandung capsaicin, senyawa yang terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Misalnya, memiliki sifat antioksidan, dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan kekebalan, dan bahkan mengurangi gas.

2. Pereda Sakit

Capsaicin telah terbukti memiliki efek analgesik dan digunakan secara terapeutik untuk mengatasi rasa nyeri. Beberapa perawatan nyeri menggunakan capsaicin sebagai bahan.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Capsaicin dalam paprika mungkin memiliki sifat anti-obesitas dan penekan nafsu makan. Penelitian juga menunjukkan bahwa capsaicin meningkatkan metabolisme lemak, terutama oksidasi lemak perut.

Selain itu, capsaicin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori ketika dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat. Senyawa lain dalam paprika yang disebut xanthophylls juga menunjukkan kemampuan untuk mengurangi lemak perut.

Baca Juga: Jangan Disingkirkan, Berikut 5 Manfaat Paprika untuk Kesehatan
Panen Perdana Cabai di Luar Angkasa, Astronot ISS Gelar Pesta Taco

4. Perlindungan Diri dari UV

Memasukkan paprika ke dalam makanan dapat membantu melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari. Dalam studi terkontrol plasebo double-blind, xantofil paprika menekan kerusakan kulit akibat sinar UV.

5. Pencegahan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan efek anti-kanker dari capsaicin. Memasukkan paprika yang mengandung capsaicin ke dalam makanan dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Video Terkait