Mengapa Semangka Tidak Boleh Disimpan di Lemari Es? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi Semangka (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 12 Mei 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Di hari yang terik seperti akhir-akhir ini, buah semangka bisa menjadi penyegar. Pada hari yang panas, sepotong besar semangka dingin (Citrullus lanatus) adalah hadiah terbaik yang dapat kamu berikan kepada diri sendiri.

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu membuang racun dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Unsur-unsur spesifik dalam semangka, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik, bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan.

Semangka mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Namun, tahukah bahwa menyimpannya di lemari es dapat menurunkan nilai gizi tersebut?

Menyimpan semangka di lemari es adalah praktik yang cukup umum dilakukan di seluruh dunia. Fakta bahwa semangka dingin saat cuaca panas tidak bisa terhindari.

Namun sayangnya, hal itu dapat mengakibatkan penurunan nilai gizinya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, semangka yang disimpan pada suhu kamar memiliki lebih banyak nutrisi daripada yang disimpan di lemari es atau yang baru dipetik.

Para peneliti menjelaskan bahwa semangka terus menghasilkan nutrisi dalam jumlah kecil segera setelah dipetik. Mendinginkan buah memperlambat atau menghentikan proses fermentasi sepenuhnya.

Faktanya, pada suhu dingin, semangka mungkin mulai membusuk dalam waktu seminggu, sedangkan umur simpan normal semangka adalah 14 hingga 21 hari. Karena kualitas yang disebutkan di atas, disarankan agar semangka disimpan pada suhu kamar untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Selain itu, semangka yang ditaruh di lemari es tanpa dipotong dapat berubah rasa dan warnanya. Ketika kamu menyimpan buah di lemari es apa adanya atau tanpa dipotong, ada risiko pertumbuhan bakteri di dalam buah. Jika kamu ingin menyimpannya di lemari es, potong terlebih dahulu, lalu disimpan di lemari es.

Baca Juga: Mengapa Semangka Tidak Boleh Disimpan di Lemari Es? Berikut Penjelasannya
Minum 5 Jus Buah Ini Untuk Hilangkan Biang Keringat dengan Cepat

Tidak hanya semangka, muskmelon dan mangga juga tidak disarankan untuk disimpan di lemari es. Setelah kamu membelinya, rendam dalam air dingin sebentar sebelum menyimpannya di suhu kamar.

Kamu bisa memotong buah-buah tersebut dan memasukkannya ke dalam lemari es sebentar sebelum memakannya agar tetap dingin. Jangan lupa untuk menutup buah yang dipotong karena tidak boleh dibiarkan terbuka.

Video Terkait