Ekspor Durian Thailand ke Cina Meningkat Empat Kali Lipat dalam 5 Tahun

Ilustrasi - Durian menjadi salah satu komoditas ekspor. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 13 Mei 2022 | 15:10 WIB

Buah durian Thailand semakin populer di kalangan konsumen Cina dalam beberapa tahun terakhirSaat ini, Kantor Berita Pattaya Mail melaporkan, ekspor durian telah meningkat empat kali lipat dibanding tahun 2017.

Mengutip laporan Xinhua, Kementerian Pertanian dan Koperasi Thailand mengatakan permintaan durian terus meningkat meski ada kenaikan harga dan penundaan pengiriman karena Kebijakan “Nol COVID” Cina.

Cina telah membuka kembali seluruh pos pemeriksaan perbatasan darat untuk mengizinkan impor buah-buahan asal Thailand setelah sempat ditutup karena COVID-19.

Penasihat Menteri Pertanian dan Koperasi Thailand, Alongkorn Ponlaboot, mencatat jenis durian Kradum Thong, Kan Yao dan Puang Manee mulai punya daya tarik, tidak jauh di belakang jenis durian Mom Thong yang sangat populer.

Baca Juga: Ekspor Durian Thailand ke Cina Meningkat Empat Kali Lipat dalam 5 Tahun
Tanam Nanas Madu yang Manis di Lahan Gambut, Mengapa Tidak?

Xinhua baru-baru ini melaporkan 100 kotak durian yang tiba di Guangxi langsung habis terjual setelah didistribusikan ke pengecer.

Cina memiliki potensi pasar tinggi bagi buah durian. Dalam 11 bulan pertama tahun 2021, seperti dilansir Vietnam Plus, negara itu mengimpor 809.000 ton durian senilai 4,13 miliar dolar AS atau sekitar Rp59 triliun.

 

Video Terkait