DKPKP DKI Jakarta- Ditjen Horti Tanam Pohon dan Panen di Susia Garden

Penanaman pohon dan panen buah di Susia Garden. (Sariagri/Arif Ferdianto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 13 Mei 2022 | 19:15 WIB

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta bersama Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian melaksanakan penanaman pohon dan panen buah di Susia Garden, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan ini juga dalam rangka pengembangan urban farming di DKI Jakarta dan mendukung pelaksanaan Gerakan Jum'at Menanam "Go Jak Farm".

“Pemprov DKI Jakarta selalu mencita-citakan pada suatu ketika nanti kalau semua lahan ditanami tanaman-tanaman pangan meskipun sedikit kami mampu memenuhi secara mandiri,” ujar Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati di lokasi.

Elly pun mengapresiasi kegiatan urban farming di Susia Garden yang hadir berkat ide kreatif masyarakat sekitar. Menurutnya, kegiatan merawat tanaman akan membawa kebaikan bagi kehidupan manusia.

“Saya yakin semuanya ini yang ditanam begitu nanti kita menyirami tanaman pasti mereka mendoa kepada kita terima kasih sudah dikasih minum, terima kasih sudah dikasih makan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari mengungkapkan kekagumannya terhadap hadirnya urban farming yang berada di tengah kota Jakarta tersebut.

“Rasanya ini sebuah mutiara di DKI Jakarta, tidak hanya lahan tidur yang menjadi produktif tapi bisa menyediakan pangan yang sehat. Oleh karena itu, ini bisa kita branding-kan ini sebagai titik ungkit untuk produksi budidaya hortikultura yang sehat,” ungkapnya.

Retno menjelaskan di Susia Garden juga menjalankan budidaya yang sehat, yakni mengupayakan sumber daya lokal, pupuk organik hingga pestisida yang terbuat dari bahan nabati. Dia berharap urban farming ini bisa terus bermunculan di setiap wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: DKPKP DKI Jakarta- Ditjen Horti Tanam Pohon dan Panen di Susia Garden
Mengenal Ketapang Kencana, Pohon Rindang Penyejuk Halaman Rumah

“Kami berharap prototipe ini bisa terus di setiap kelurahan tidak hanya satu, semakin banyak amal jariah yang bisa digelar beri kesempatan yang lain maksudnya kita mencoba mereplikasi tempat yang lain mungkin di Kecamatan,” tandasnya.

Dalam acara tersebut DKPKP dan Ditjen Horti melakukan penanaman berbagai pohon di antaranya mangga garifta dan alpukat cimpedak, selain itu, dilakukan pula pemanenan jambu kristal dan sawi. Ditjen Horti juga turut memberikan beragam bibit tanaman hortikultura dan pupuk untuk mendukung urban farming di Susia Garden.

 

Video Terkait