Hati-hati! Meski Bermanfaat Temulawak Punya Efek Samping bagi Tubuh

Ilustrasi temulawak (Pexels)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 15 Mei 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Temulawak sebenarnya masih tergolong dari keluarga yang sama dengan kunyit dan jahe, yaitu dari family Zingeberaceae. Tanaman yang punya nama latin Curcumajavanica ini, memang dikenal sebagai bahan pembuatan jamu.

Hal ini dikarenakan di dalam kandungan temulawak terdapat senyawa agen antidiuretik, antiradang, antioksidan, antihipertensif, anti hepatotoksik, antibakteri, serta antijamur yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Efek samping temulawak

Namun harus diwaspadai, meski memiliki banyak manfaat, temulawak juga dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka waktu panjang.

Secara umum, temulawak aman jika digunakan sebagai obat dalam waktu singkat, yaitu hingga maksimal sekitar 18 minggu. Namun, jika digunakan lebih dari jangka waktu tersebut, bahan pembuatan jamu ini juga bisa memberi berbagai efek samping bagi kesehatan, seperti:

Baca Juga: Hati-hati! Meski Bermanfaat Temulawak Punya Efek Samping bagi Tubuh
Yuk Intip 3 Resep Jamu Temulawak untuk Jaga Imunitas Tubuh

1. Memicu iritasi lambung

2. Masalah pencernaan

3. Detak jantung lebih cepat

4. Mual serta muntah

5. Memperparah kerusakan ginjal

6. Meningkatkan risiko infeksi kandung kemih

7. Obesitas


Selain itu, untuk kamu yang memiliki penyakit hati dan masalah empedu, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi bahan alami yang satu ini. Pasalnya, temulawak dapat meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu kamu memiliki penyakit batu empedu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi temulawak sebagai pengobatan.

Video Terkait