Sama-sama Mungil, Ini Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Nipis dan Jeruk Purut

Ilustrasi perbedaan jeruk nipis, jeruk purut, jeruk limau (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Jeruk nipis, limau dan jeruk purut memang terdengar tidak asing bagi masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga. Pasalnya untuk memperkaya citarasa masakan, ketiga jenis jeruk kecil ini sering ditambahkan untuk menambah rasa asam segar.

Dengan ditambahkan perasan air ketiga jeruk ini akan membuat rasa makanan semakin kaya dan lezat. Meskipun memiliki fungsi yang sama, lucunya ternyata masih banyak orang yang cukup kesulitan membedakan bentuk dari ketiga jenis jeruk ini.

Sebenarnya apa saja sih perbedaan jeruk nipis, jeruk limau dan jeruk purut? Berikut ulasannya.

Perbedaan jeruk nipis, jeruk limau dan jeruk purut yang jarang diketahui

Jeruk nipis

Diantara ketiga jenis jeruk tadi, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling familiar dan populer di Indonesia. Ia banyak digunakan untuk menambahkan rasa asam pada makanan, seperti soto.

Selain itu, jeruk ini juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang akan diolah. Kulitnya jeruk nipis termasuk mulus dengan ukuran yang biasanya lebih besar jika dibanding jeruk limau atau jeruk purut.

Jeruk purut

Jika sebelumnya jeruk nipis memiliki kulit yang mulus, lain halnya dengan jeruk purut. Dari tekstur kulit, jeruk purut biasanya memiliki kulit yang cenderung lebih kasar dan keriput jika dibandingkan dengan ketiga jenis jeruk yang ada.

Untuk ukurannya pun tidak sebesar jeruk nipis. Namun ia memiliki kulit yang lebih tebal. Dengan aromanya yang khas, biasanya jeruk purut digunakan dalam bumbu pecel dan peyek serta aneka masakan khas Bali.

Baca Juga: Sama-sama Mungil, Ini Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Nipis dan Jeruk Purut
Jeruk Purut, ‘Si Mungil Asam’ yang Punya Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

Beberapa orang juga memanfaatkan jeruk purut sebagai tambahan pembuatan berbagai minuman dingin.

Jeruk limau

Jika dari ukuran, jeruk limau juga memiliki ukuran yang kecil sama seperti jeruk purut. Namun jika dilihat dari kulitnya, kulit jeruk limau cenderung lebih halus dibanding jeruk purut dan kulitnya pun tidak terlalu tebal.

Bagi masyarakat di beberapa tempat, penamaan jeruk limau sering juga dikenal dengan nama jeruk sambal. Hal ini karena jeruk limau memang banyak digunakan untuk membuat sambal terasa lebih segar dan nikmat.