Sederet Buah-buahan yang Dianggap Paling Bergizi dan Menyehatkan di Dunia

Ilustrasi Buah Buahan Vitamin C (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 15 Mei 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang tersedia di muka bumi ini. Ada yang rasanya manis, asam, dan juga asin. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua buah-buahan aman untuk dikonsumsi.

Sementara buah-buahan yang aman, justru sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Buah-buahan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Perannya sangat penting dalam memenuhi asupan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral.

Buah dengan kandungan terbaik yang ada di dunia

Dilansir dari Healthline, di antara sekian banyak jenis, inilah buah yang paling tinggi gizinya.

1. Jeruk Bali

Apakah kamu pernah menyicipi jeruk Bali? Jeruk ini ternyata masuk dalam buah-buahan tersehat di dunia lho. Di dalamnya terkandung sejumlah vitamin dan mineral, yang membantu penurunan berat badan dan mengurangi resistensi insulin.

2. Nanas

Di antara jenis buah tropis lainnya, buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang paling tinggi. Adapun senyawa di dalamnya yaitu seperti bromelain, zat antiinflamasi. Ia juga punya kemampuan dalam mencerna protein yang ada dalam tubuh.

3. Alpukat

Buah yang satu ini memang dikenal kaya akan gizi. Adapun di dalamnya terkandung lemak, yang terdiri dari asam oleat dan lemak tak jenuh, namun dengan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit.

4. Blueberry

Buah mungil ini terbukti memiliki serat yang tinggi. Selain itu di dalamnya juga terkandung vitamin C, vitamin K, dan mineral mangan.

Antioksidan dalam blueberry dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan penyakit otak.

5. Apel

Buah paling sehat selanjutnya adalah apel. Apel diketahui mengandung serat tinggi, vitamin C, kalium, vitamin K, dan B, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker, hingga penyakit otak.

6. Delima

Selanjutnya ada juga buah delima. Buah ini memiliki tingkat antioksidan di dalamnya. Bahkan jumlahnya terbukti tiga kali lebih tinggi dari teh hijau, hingga membuatnya sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker.

7. Mangga

Selain itu ada juga buah mangga. Buah musiman ini menjadi salah satu sumber vitamin C yang sangat banyak. Mangga juga mengandung senyawa antioksidan, dan antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.

8. Stroberi

Buah asam manis ini sangat menyegarkan. Selain nikmat untuk disantap langsung ataupun dibuat jus, stoberi ternyata mengandung vitamin C, mangan, folat, dan kaliumnya. Kandungan ini dipercaya bisa mengurangi kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Sederet Buah-buahan yang Dianggap Paling Bergizi dan Menyehatkan di Dunia
Prihasto Setyanto Puji Rasa Mangga dari Kebun PT Galasari

9. Cranberry

Nama buah ini mungkin terdengar asing di Indonesia. Tp cranberry ternyata juga termasuk buah tersebat di dunia.

Ia memiliki profil nutrisi yang baik, kaya vitamin C, mangan, vitamin E, vitamin K1, dan tembaga untuk mencegah infeksi saluran kemih

10. Lemon

Buah berwarna kuning ini dikenal kaya kandungan vitamin C-nya. Jumlahnya sangat banyak, sehingga menjadikannya baik dikonsumsi untuk kekebalan tubuh dan proses detoks.

Video Terkait