5 Tanaman Ini Tidak Memerlukan Banyak Sinar Matahari untuk Tumbuh

Ilustrasi Lidah Mertua (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Menghiasi rumah dengan tanaman hijau dan dekatkan diri dengan alam adalah hal yang menyenangkan. Beberapa orang khawatir untuk memelihara tanaman karena sibuk bekerja atau tidak ada tepat untuk menaruh tanaman tersebut.

Namun tahukah kamu bahwa ada tanaman minim perawatan dan tidak perlu berada di sinar matahari dalam waktu lama? Tanaman dengan perawatan rendah ini dibuat khusus untuk memenuhi kehidupan sibuk karena dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung dan tidak perlu pemangkasan atau penyiraman secara teratur.

Jadi, dengan varietas tanaman dalam ruangan dengan cahaya redup dan tanpa cahaya ini, kamu dapat mendekorasi hampir semua sudut rumah, lorong, balkon, dan jendela yang tidak terkena sinar matahari.

Mengutip Livspace, berikut tanaman yang tidak perlu sinar matahari langsung.

1. Lidah Mertua

Lidah Mertua memerlukan sedikit perawatan dan memurnikan udara dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh tanpa sinar matahari.
Tidak hanya tumbuh sangat baik tanpa sinar matahari. Lidah mertua menyimpan air di dedaunannya. Jadi berhati-hatilah untuk tidak menyirami tanaman secara berlebihan.

Namun, hindari tanaman ini jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah karena memakan tanaman ini dapat mengganggu kesehatan perut binatang peliharaan. Juga kenakan sarung tangan saat memindahkan tanaman ini untuk mencegah kemungkinan iritasi kulit ringan.

2. Tanaman Bambu Hoki

Meskipun sebenarnya ini bukan bambu, tanaman bambu hoki memikat hati karena proporsinya yang mini seperti bonsai. Tanaman ini sangat cocok untuk interior minimalis dan biasanya dijual dalam dua cara, di pot di tanah atau digantung di air.

Menurut feng shui, tanaman bambu hoki menarik energi keberuntungan, tergantung pada jumlah batang yang bergerombol. Tanaman ini memerlukan sedikit cahaya bahkan bisa tumbuh tanpa sinar matahari. Pastikan untuk menyiramnya hanya ketika tanah terasa kering ketika disentuh.

3. Peace Lily

Tanaman ini dapat tumbuh tanpa sinar matahari dan merupakan simbol kedamaian. Peace lily juga dapat memurnikan udara pada saat yang bersamaan.

Meski demikian, peace lily masih membutuhkan penyiraman teratur. Selain itu, tanaman indoor ini harus dijauhkan dari cahaya langsung karena daunnya bisa rusak.

Nikmati bunga lili saat berkembang dan memberikan suasana tenang ke rumah. Kamu juga dapat memiliki lebih banyak tanaman indoor di atas meja tanpa sinar matahari seperti bunga bakung.

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Tidak Memerlukan Banyak Sinar Matahari untuk Tumbuh
Pengusaha Tanaman Hias Asal Bogor Siap Bantu Program Petani Milenial

4. Tanaman Laba-Laba

Cara tumbuh tanaman laba-laba yang kacau menjadikannya pilihan yang menarik untuk menggantungnya di pot atau keranjang atau hanya menghiasi area lantai. Jauhkan dari cahaya langsung dan siram secara teratur agar tidak terlihat lusuh dan tidak terawat.

5. Pakis Hijau

Pakis hijau tumbuh dengan aroma perbukitan dan ramah hewan peliharaan. Tanaman ini memiliki daun yang halus dan terkulai yang menolak air.
Tumbuh secara alami di tempat teduh dan lembab, pakis hijau hidup dengan mudah di ruangan gelap. Tanaman ini bisa ditaruh di tempat-tempat seperti kamar mand atau ruang cuci.

Video Terkait