Intip 3 Manfaat Manggis untuk Kecantikan Kulit

Ilustrasi - Buah manggis. (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 15 Mei 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Salah satu buah eksotis yang terkenal di Indonesia adalah buah manggis. Banyak orang sudah mengetahui manfaat manggis untuk kesehatan, tetapi mungkin tidak tahu persis apa fungsinya.

Pada abad ke-19, diketahui bahwa buah manggis memenangkan gelar 'The Queen Of Fruits' dari Ratu Victoria. Rumor mengatakan bahwa Ratu mendengar tentang berharganya buah ini.

Saat itu manggis digambarkan sebagai buah yang memiliki rasa campuran lezat dari leci, persik, stroberi, dan nanas. Rau Victoria juga menyatakan bahwa dia akan memberikan gelar ksatria kepada siapa pun yang membawa buah manggis.

Manggis mengandung antioksidan yang datang dalam beberapa pola, termasuk Vitamin E, C, dan A atau polifenol yang berasal dari tumbuhan, ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna-warni. Sebagai bahan perawatan kulit, antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas, memberikan manfaat anti penuaan, dan mencerahkan kulit kusam.

Selain itu, manggis mengandung lebih dari 40 senyawa kimia alami yang aktif secara biologis yang disebut Xanthones. Sementara semua Xanthone ini memiliki struktur molekul yang sama, masing-masing memiliki komposisi kimia yang unik yang memungkinkan untuk melakukan fungsi tertentu.

Alpha-mangosteen, misalnya, adalah antioksidan yang sangat kuat. Gamma-mangosteen adalah anti-inflamasi yang kuat. Garcinone E adalah agen anti tumor yang kuat.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat manggis untuk kesehatan kulit.

1. Meredakan Jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba, yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit umum. Konsumsi manggis dapat menyembuhkan Jerawat, noda kulit, kulit berminyak, dan kulit kering.

Baca Juga: Intip 3 Manfaat Manggis untuk Kecantikan Kulit
Ekspor Manggis Indonesia Bergeliat di Tengah Pandemi COVID-19

2. Memperbaiki Sel

Senyawa xanthone yang terdapat pada permukaan buah ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Xanthone ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel-sel yang rusak di tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

3. Memiliki Sifat anti-aging 

Manggis dapat berkontribusi untuk menjaga kulit terlihat muda selamanya. Kandungan pada manggis dapat menenangkan peradangan pada kulit, mengurangi racun, dan menurunkan risiko noda hitam. Selain itu, manggis juga mengandung antioksidan, yang melawan oksidan atau penyebab utama penuaan.

Video Terkait