5 Tanaman Tropis Ini Punya Bentuk yang Aneh dan Unik

Tanaman tropis dengan bentuk aneh. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 16 Mei 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Tanaman dan bunga tropis dikenal karena keindahannya yang luar biasa. Namun ada beberapa spesies yang memiliki bentuk aneh dan unik.

Melansir Den Garden, bentuk, ukuran dan warna khas tanaman tropis aneh ini menentang imajinasi. Beberapa terlihat seperti mimpi buruk bahkan seolah-olah berasal dari planet lain.

Berikut ini 5 tanaman tropis yang punya bentuk aneh milik penulis yang berada di distrik Puna bagian bawah, Big Island of Hawaii:

1. Anthurium (Anthurium sp)

Anthurium termasuk salah satu tanaman hias tropis yang paling populer. Bagian berwarna-warni dari bunga anthurium bukanlah kelopak tetapi sejenis daun yang disebut spathe. Bunganya sebenarnya kecil, tersusun dalam spiral rapat di sepanjang spadix atau memanjang, paku di tengah setiap spathe.

Saat bunga berkembang, akan menjadi gumpalan bulat atau beri di sepanjang tangkai. Burung akan memakan buah beri ini dan menyebarkan bijinya. Anthurium sangat mudah beradaptasi, mudah dirawat meskipun di dalam ruangan.

Tanaman yang satu ini termasuk kategori tanaman tropis yang punya bentuk aneh.

2. Cereus (Selenicereus sp.)

Tanaman berbunga nokturnal atau yang mekar di malam hari ini termasuk dalam keluarga besar kaktus. Tanaman ini menghasilkan bunga raksasa yang sangat harum sampai diameter 1 kaki yang bertahan hanya satu malam. Bunga yang berumur pendek ini cukup mempesona dan berbentuk menyerupai gurita dengan puluhan tentakel yang melambai.

Beberapa varietas menghasilkan buah bersisik kuning atau magenta. Sebagian besar spesies Cereus membutuhkan teralis atau tiang pagar untuk penyangga. Mereka lebih menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang kaya humus. Tanaman satu ini juga termasuk dalam kategori tanaman tropis yang punya bentuk aneh.

3. Sirsak (Annona muricata)

Sirsak merupakan pohon asli daerah tropis Amerika Selatan. Tanaman tropis yang punya bentuk aneh ini menghasilkan buah-buahan yang lezat yang dapat dimakan. Tidak hanya tanamannya, buahnya juga berbentu aneh dengan kulit hijau tua dan duri runcing. Kuncup bunga berwarna hijau, menggantung dalam kelompok di sepanjang batang dan cabang pohon.

Ketika bunga dari tanaman ini siap untuk mekar, kuncup tiba-tiba membentangkan kelopaknya yang tebal.

4. Jahe ular derik (Calathea crotalifera)

Rattlesnake Ginger berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman yang satu ini menghasilkan bract inflorescent yang terlihat seperti mainan ular derik. Bracts tegak setinggi 820-25 cm dan berwarna merah, hijau, atau kuning pucat.

Tanaman ini tumbuh dari rimpang bawah tanah dan merupakan kerabat jauh dari akar jahe kuliner. Di Hawaii, Rattlesnake Ginger menyebar liar di daerah basah di sepanjang sungai dan air terjun. Ini populer dalam rangkaian bunga karena tampilannya yang eksotis dan masa pakai vas yang tahan lama.

Baca Juga: 5 Tanaman Tropis Ini Punya Bentuk yang Aneh dan Unik
Berkenalan dengan Nona Makan Sirih, Bunga Kecil yang Mirip Bibir Wanita

5. Lipstik Bixa (Bixa orellana)

Semak tropis besar yang selalu hijau ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini adalah sumber pigmen annatto yang terkenal, yang berasal dari biji di dalam polong yang mengerikan! Saat dikeringkan, polong terbelah dan memperlihatkan kapsul biji berwarna oranye kemerahan di dalamnya.

Orang-orang di Peru, Meksiko, Belize, dan Karibia menggiling bijinya menjadi pasta dan menggunakannya sebagai bumbu masakan. Secara komersial, pigmen annatto digunakan sebagai pewarna alami yang tidak beracun untuk menambahkan warna merah, kuning atau oranye pada makanan (keju, rempah-rempah), kosmetik (lipstik, cat kuku), dan produk farmasi.

Video Terkait