Serangan Phytophthora Palmivora Mengancam Kebun Durian

Tanaman durian. (wikimedia commons)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 16 Mei 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - 

Sama seperti buah lainnya, budidaya duroan juga memiliki permasalahan. Umumnya permasalahan akan muncul secara nyata dan beruntun saat pertanaman durian yang intensif dan monokultur. Salah satunya adalah serangan penyakit disebabkan Phytophthora palmivora Bulter.

Penyakit ini menyerang seluruh bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun dan buah. Gejala awal serangan busuk akar, tanaman terlihat layu dan terjadi penguningan pada daun muda, tanaman tampak seperti mengalami stress air, klorotik dan pertumbuhannya terganggu.

Daun yang baru muncul lebih kecil dan berwarna hijau terang sampai kuning. Jaringan akar yang terserang menjadi lunak dan berubah warna menjadi coklat gelap.

Dilansir laman Balitbangtan, gejala serangan pada daun awalnya terlihat sebagai flek kecil pada permukaan daun durian namun dalam tiga hingga lima hari berkembang menjadi besar. Spora berwarna putih tumbuh di pinggir bercak terutama pada sisi bawah daun.

Serangan pada batang mengakibatkan kanker dan menimbukan bekas luka semacam blendok warna coklat kemerahan (gummosis). Jika kulit batang dikelupas akan tampak garis-garis coklat kehitaman sepanjang jaringan kortek.

Gejala pada akar berupa busuk warna hitam, terutama pada akar-akar muda. Akibat dari serangan pada akar dan batang mengakibatkan daun menguning kemudian gugur. Pada serangan yang berat dapat mengakibatkan kematian dan tanaman bisa rebah (canopy decline).

Baca Juga: Serangan Phytophthora Palmivora Mengancam Kebun Durian
Ekspor Durian Thailand ke Cina Meningkat Empat Kali Lipat dalam 5 Tahun

Sentra durian Indonesia tersebar mulai dari Aceh hingga Papua. Hampir setiap kabupaten memiliki varietas unggulan masing-masing dan bahkan ada yang menjadi ikon daerah. 

Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor, kebun durian skala menengah dan besar perlu dikembangkan. Hal ini untuk mempercepat perluasan areal atau peningkatan produksi. Kebun durian yang tersebar di berbagai daerah harus dikelola berdasarkan prinsip-prinsip budidaya yang baik (GAP).

Video Terkait