Tips Memangkas Bugenvil Agar Tumbuh Indah dan Berbunga Lebat

Ilustrasi bugenvil. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 16 Mei 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Bugenvil atau yang dikenal dengan bunga kertas sering menjadi pilihan dekorasi lanskap halaman rumah, taman maupun tepi jalan perkotaan.

Bunga yang berasal dari Brasil, Bugenvil memiliki bagian berwarna indah yang sering disebut sebagai bunga. Bagian ini merupakan modifikasi daun yang terlihat seperti bunga kerap berwarna oranye, pink, ungu ataupun putih.

Merawat bugenvil tidak terlalu sulit, sebab termasuk dalam jenis tanaman yang tahan cekaman seperti cuaca panas dan kering. Pemangkasan dibutuhkan untuk menghasilkan bentuk tanaman yang diinginkan dan bunga yang lebat.

Ada hal yang harus diperhatikan saat memangkas bugenvil agar tanaman bisa tumbuh lebih baik.

Berikut tips memangkas bugenvil agar tumbuh indah dan berbunga lebat seperti dikutip dari Gardening Knowhow;


1. Untuk memangkas stek tanaman bugenvil yaitu saat sebelum kuncup baru membengkak dan mekar menjadi daun muda berwarna merah.

2. Bugenvil yang ditanam sebagai tanaman pagar boleh dilakukan pemangkasan berat. Namun, bugenvil yang ditanam di pot hanya perlu diberi pemangkasan ujung ranting yang ringan.

3. Tanaman bugenvil muda perlu dipangkas dari pangkal batang tanaman utama untuk merangsang pertumbuhan batang yang lebih tebal

4. Pemangkasan ringan dilakukan saat musim hujan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemangkasan berat dilakukan saat musim kemarau.

Baca Juga: Tips Memangkas Bugenvil Agar Tumbuh Indah dan Berbunga Lebat
Beragam Filosofi dan Makna dari Tanaman Bougenvil, Apa Saja?



5. Pemangkasan ujung ranting tepat setelah simpul tunas akan mendorong cabang dan tunas baru terbentuk di persimpangan cabang yang dipotong.

6. Segera pangkas ranting atau cabang yang mati.

 

Video Terkait