Mengenal 7 Ciri Fisik dari Pertumbuhan Jamur Tiram

Ilustrasi jamur tiram putih (Foto: Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 16 Mei 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Jamur tiram termasuk salah satu jenis jamur yang paling banyak dikonsumsi. Selain rasanya yang nikmat, kandungan jamur tiram kaya gizi dan cukup bermanfaat bagi tubuh.

Tak heran jika kini sangat banyak pembudidaya yang membudidaya jenis jamur yang satu ini. Budidaya jamur tiram bahkan termasuk peluang pasar yang cukup menjanjikan.

Namun jika ingin membudidayakan para petani harus mengetahui habitat jamur tiram. Alasannya syarat tumbuh dari setiap jenis jamur harus sesuai, agar pertumbuhan jamur jenis ini dapat tumbuh dengan maksimal sesuai dengan habitatnya.

Selain habitatnya, guna mendukung kesuksesan dalam menjalankan budidaya dan bisnis jamur ini, maka juga diperlukan suatu pengetahuan yang tepat dan keberanian untuk mencoba memulai.

Untuk diketahui, jamur tiram ini tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa ini kemudian membentuk jaringan yang disebut meselium dan membentuk jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah jamur. Untuk lebih jelasnya lagi, mari mengenali ciri fisik jamur tiram berikut ini.

1. Permukaan tudung jamur tiram cenderung licin, mengkilap, dan berminyak jika dalam keadaan lembab.

2. Bilah jamur tersusun sedikit rapat. Ketika muda, bilah ini berwarna putih. Namun, semakin sudah tua warnanya berubah menjadi krem kekuningan.

Baca Juga: Mengenal 7 Ciri Fisik dari Pertumbuhan Jamur Tiram
Tips Menyimpan Jamur Tiram agar Awet Sampai Seminggu

3. Batang jamur ini terletak di samping tudung, dengan ukuran yang sangat pendek, yakni 1 – 3 cm. Warna batangnya putih dengan permukaan halus.

4. Tubuh buahnya berbentuk rumpun dan memiliki banyak cabang yang menyatu pada satu media.

5. Untuk daging buah berwarna putih pucat. Ketika semakin tua, maka daging buah akan menjadi semakin keras.

6. Inti plasma dan spora jamur tiram berbentuk sel-sel lepas atau bersambungan.

7. Pada pin head atau calon tubuh buah jamur akan terbentuk pada titik-titik pertemuan percabangan miselium. Selanjutnya nanti, calon tubuh buah jamur ini akan berkembang menjadi tubuh buah jamur.

Video Terkait