Begini Cara Menanam Pakis Maidenhair, Tanaman yang Suka Tempat Lembab

Ilustrasi pakis maidenhair. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Pakis maidenhair merupakan tanaman hias yang bisa tumbuh di daerah beriklim sedang. Pakis yang dikenal dengan nama delta maidenhair ini berasal dari Amerika Selatan.

Pakis maidenhair atau Adiantum raddianum memiliki habitat alami di dalam hutan dan celah-celah batu atau di sepanjang tepi sungai. Tanaman ini juga kuat di zona 10 dan 11.

Melansir Den Garden, pakis maidenhair merupakan tanaman suplir kecil yang tumbuh setinggi 30 hingga 60 cm dan lebar hingga 30 cm. Tanaman ini tumbuh lambat dan bisa memakan waktu hingga tiga tahun untuk mencapai ukuran penuh.

Satu daun bisa memiliki lebar 15 cm. Tanaman ini mulai tumbuh secara vertikal tetapi saat dewasa akan terkulai ke tanah. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan daun columbine. Batangnya diberi julukan maidenhair karena tampak seperti rambut.

Tanaman ini tidak berbunga dan berkembang dengan spora yang terletak di bagian bawah daun.

Menumbuhkan suplir dapat dilakukan di luar ruangan dan dalam ruangan. Cara menumbuhkan pakis di luar ruangan dapat dilakukan dengan mudah untuk seseorang yang tinggal di zona 10 dan 11.

Menanam tanaman pakis di luar ruangan dapat dilakukan di sudut-sudut teduh halaman. Cobalah untuk meniru lingkungan tumbuh alami tanaman ini dengan area teduh parsial. Selipkan ke sudut atau celah atau sekitar sisi teduh kolam taman.

Lingkungan asli tanaman pakis berada di tempat teduh dan basah. Jadi pastikan lokasi yang ditumbuhinya selalu lembab. Meksi begitu tanah harus dikeringkan dengan baik.

Walaupun pakis menyukai tempat lembab, tapi tanaman ini tidak suka basah. Pakis maidenhair lebih menyukai tanah asam. Sebaiknya lakukan uji tanah untuk melihat berapa pH tanah dan tambahkan perubahan papun yang diperlukan untuk membuatnya sedikit asam.

Untuk menumbuhkan tanaman pakis di luar ruangan carilah tempat dengan kelembapan tinggi. Untuk yang tinggal di daerah kering, semprotkan tanaman secara teratur.

Menumbuhkan tanaman pakis di dalam ruangan juga terbilang sulit. Gunakan pot biasa tapi jangan lupa untuk menambahkan sedikit lumut atau kompos organik untuk membantu mempertahankan kelembapan tanah.

Untuk membantu menjaga tanah tetap lembab, siramlah pakis setiap hari. Jangan biarkan mengering. Jika tanah mengering, dedaunan akan mengering dan tidak akan terhidrasi kembali saat mulai menyiramnya lagi.

Jika daunnya terhidrasi tetapi mulai menguning, artinya tanaman terlalu banyak disiram dan perlu menguranginya. Mungkin bagian tersulit dalam menanam pakis maidenhair di dalam ruangan adalah memastikan tanaman ini mendapatkan kelembapan yang cukup.

Menambahkan kelembapan dapat dilakukan dengan menggunakan panci yang diisi dengan kerikil hias dan air. Tempatkanlah pakis di atas kerikil tetapi bukan di dalamnya. Saat air menguap, hal tersebut memberikan kelembapan pada tanaman. Pastikan untuk selalu mengisinya dengan air.

Pakis maidenhair sensitif terhadap bahan kimia. Cobalah menyiramnya dengan air suling atau air hujan yang dikumpulkan dari luar.

Baca Juga: Begini Cara Menanam Pakis Maidenhair, Tanaman yang Suka Tempat Lembab
5 Tanaman Tropis Ini Punya Bentuk yang Aneh dan Unik

Selain itu, pakis maidenhair juga sensitif terhadap garam larut yang ditemukan di sebagian besar pupuk komersial. Gunakan pupuk cair yang diformulasikan untuk tanaman hias yang diencerkan hingga kekuatan.

Pupuk setiap 4 hingga 6 minggu selama musim tanam musim semi dan musim panas. Jangan memupuk selama musim gugur dan musim dingin ketika tanaman tidak tumbuh.

Video Terkait