Geger! Ribuan Alpukat Dibuang dan Membusuk di Negara Ini

Ribuan Alpukat dibuang dan membusuk di Australia (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 17 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sebuah gambar yang beredar menunjukan ribuan alpukat dibuang dari bak sebuah truk dan dibiarkan membusuk di utara negara bagian Queensland, Australia. Lantas menimbulkan pertanyaan, apa yang terjadi sebenarnya?

Ketua Petani Kawasan Queensland Utara (FNQ Growers) dan petani Mareeba Joe Moro menjelaskan bahwa membiarkan buah alpukat matang membusuk terkadang merupakan keputusan paling ekonomis bagi petani karena berbagai faktor, mulai dari kondisi harga pasar, kualitas di bawah standar, dan kelebihan pasokan.

"Petani sangat tidak suka membajak tanaman karena mereka tidak menanamnya hanya untuk mengembalikannya ke tanah," kata Moro.

"Mereka menanamnya untuk dikirim ke pasar dan ingin menempatkan produk terbaik dan meskipun petani telah membuat keputusan komersil untuk membuang buah itu, ini tetap adalah keputusan yang sangat emosional bagi mereka,” sambungnya.

Disamping itu, sejumlah pengguna media sosial yang melihat gambar alpukat ini menyarankan kepada petani agar menyumbangkannya dari pada membuang. Namun, Moro mengatakan bahkan membuang alpukat saja harganya sudah mahal.

“Membuang alpukat berarti harus mempekerjakan orang untuk memetik buah, mengemudikan truk di sana, membuang produk di sana, jadi itu biaya lain yang akan ditanggung petani," ujarnya.

Mr Moro mengatakan masalah kelebihan pasokan datang di atas peningkatan biaya input, termasuk pupuk, bahan kimia, dan bahan bakar. "Petani adalah penentu harga dan sayangnya kami menetapkan harga berdasarkan permintaan pasar, dan kami tidak dapat menutup biaya kami,” jelasnya.

"Ini adalah waktu yang sangat, sangat sulit bagi industri alpukat,” sambungnya.

Petani alpukat lain yang berbasis di Tablelands, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada ABC bahwa dia kadang-kadang membuang produk karena tidak memenuhi standar dan dia tidak ingin buah berkualitas buruk di pasar dengan namanya di atasnya.

Penyebab Stok Alpukat Australia Berlebih

Produksi nasional telah berlipat ganda selama dekade terakhir, karena petani telah memanen uang dari tingginya permintaan negara akan buah tersebut. Ini karena 10 hingga 20 persen dari semua alpukat yang ditanam di Australia dibeli oleh sektor penyaji makanan.

Secara tradisional, kawasan utara Queensland secara tradisional memasok sekitar dua pertiga dari alpukat Australia di pertengahan tahun ini, tetapi panen musim ini telah dirusak oleh sisa alpukat dari Australia Barat yang menyebabkan kelebihan alpukat di pasar dalam dua tahun berturut-turut.

Lonjakan besar produksi pada tahun 2021 sebagian besar disebabkan oleh kondisi musim yang baik di Australia Barat dan panen yang tertunda, sehingga memaksa persaingan di pasar yang biasanya sepenuhnya ditangani petani Queensland.

Video Terkait