Tidak Selalu Tanah, 5 Sayuran Ini Bisa Ditanam dan Tumbuh di Air

Ilustrasi sayuran yang bisa ditanam di air. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 19:20 WIB

Sariagri - Media tanam tidak melulu tanah, air juga bisa menjadi tempat untuk menumbuhkan tanaman. Sayuran seperti daun bawang dan wortel dapat hidup di dalam air lho.

Menanam sayuran di rumah bisa dengan memanfaatkan air dan wadah seperti toples. Tentu saja menanam sayuran dapat menguntungkan karena bisa mengirit uang belanja dan terjamin keamanannya.

Melansir sejumlah sumber, berikut ini lima sayuran yang bisa tumbuh dengan media tanam air.

1. Daun Bawang

Sayuran daun bawang biasanya dibutuhkan untuk memasak makanan seperti sop, tempe mendoan, serta gorengan seperti bakwan jagung. Tidak perlu ragu untuk menanamnya di rumah.

Daun bawang merupakan sayuran yang bisa ditanam dengan air. Gunakan toples atau gelas transparan dan umbi daun bawang kemudian isi air. Letakkan di sekitar jendela yang cerah.

2. Wortel

Sayuran yang kaya vitamin A ini memang banyak diminati oleh khalayak. Wortel termasuk sayuran yang bisa ditanam dengan air.

Nah, caranya jangan membuang ujung atas wortel yang biasanya berwarna hijau. Masukkan air di wadah dan tanamlah pangkal wortel. Jangan lupa unutk letakkan di tempat yang terang. Gantilah airnya setiap hari.

3. Seledri

Sayuran yang saru ini juga biasanya digunakan dalam banyak masakan. Seledri termasuk sayuran yang dapat ditanam dengan air.

Gunakan sebagian bawah batangnya dan letakkan di dalam gelas kecil berisi air. Pertumbuhannya akan terlihat dalam waktu tiga hingga empat hari.

Baca Juga: Tidak Selalu Tanah, 5 Sayuran Ini Bisa Ditanam dan Tumbuh di Air
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

4. Serai

Serai juga bisa ditanam dengan air. Ambil batangnya dan letakkan dalam air. Taruh di tempat terang yang mendapatkan sinar matahari cukup. Jangan lupa mengganti air setiap hari dan lihatlah pertumbuhan daun baru.

5. Mint

Daun mint juga dapat hidup di air. Letakkan wadah berisi daun mint di ambang jendela supaya dapat mempercepat pertumbuhannya.

Video Terkait