Sering Diabaikan, Daun Cabai Ternyata Ampuh Atasi Penyakit Ini

Ilustrasi Daun Cabai (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Siapa nih dari kalian yang suka dengan makan pedas? Ya, tentu saja hampir dari semua orang Indonesia menyukai makanan dengan rasa pedas. Rasa pedas yang kita rasakan selama ini umumnya berasal dari cabai.

Cabai menjadi salah satu bahan makanan yang selalu dicari-cari keberadaannya. Jenis sayuran yang mampu memberi rasa pedas ini seolah menjadi andalan banyak orang untuk meningkatkan selera makan.

Saking tak bisa lepasnya dari rasa pedas, tidak heran jika stok cabai di dapur nyaris tidak boleh kosong. Memang seperti yang diketahui jika cabai memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh.

Namun ternyata bukan hanya cabainya saja yang bisa dimanfaatkan. Daun cabai juga dikenal kaya manfaat, bahkan dapat dijadikan pengobatan herbal. Daun cabai mengandung sejumlah vitamin dan mineral.

Lantas apa saja manfaatnya? Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengobati Radang Sendi

Ketika seseorang mengalami radang sendi tentu sangat mengganggu, terutama ketika beraktivitas. Namun, kamu bisa menjadikan daun cabai sebagai solusi alami untuk menghilangkan radang sendi yang membuat tubuh tidak bisa bergerak bebas.

Dalam dunia medis, radang sendi lebih dikenal dengan istilah Arthritis. Kondisi ini sering kali menimpa pada lansia di atas 55 tahun. Gejala yang timbul akibat kondisi ini biasanya adalah pembengkakan dan kaku pada sendi.

Adapun daun cabai digadang-gadangkan mampu mengatasi masalah ini karena sifat antiinflamasinya yang tinggi.

2. Mengobati Keracunan

Daun cabai memiliki sifat antiseptic yang mampu menyembuhkan keracunan. Tidak hanya itu, penyakit seperti kurap, jamur atau luka juga bisa diatasi dengan daun cabai.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol telah banyak menghantui seseorang, mulai dari yang muda hingga dewasa bisa terserang kolesterol. Jika kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi harus manaati pantangan makan dan minum yang ada.

Pasalnya, kamu tidak boleh makan sembarang yang bisa saja meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, dengan daun cabai kamu bisa mengatasinya. Daun cabai dikenal rendah kalori dan ampuh menurunkan kadar kolesterol.

4. Meningkatkan Imun

Imunitas tubuh menjadi hal penting yang harus dijaga. Dengan imun, tubuh akan lebih kuat menangkal virus dan penyakit yang bakal menyerang tubuh. Daun cabai mampu memberikan manfaat tersebut karena mengandung fitokimia dan asam fenolik.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Daun Cabai Ternyata Ampuh Atasi Penyakit Ini
Kasus Pertama pada Manusia, Anak 4 Tahun di Cina Terinfeksi Flu Burung H3N8

5. Mengurangi Demam

Demam adalah ketika suhu tubuh manusia naik di atas kisaran normal 36-37 derajat Celsius. Untuk secara efektif mengurangi panas pada tubuh, daun cabai dapat dihaluskan dan kemudian dicampur dengan minyak selada dan oleskan di dahi.

6. Membantu Mengatasi Diabetes

Daun cabai telah ditemukan bermanfaat pada penderita diabetes. Daunnya mengandung phytochemical yang dapat membantu meningkatkan sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Video Terkait