Bikin Geleng Kepala, Rempah-rempah Ini Punya Harga yang Fantastis

Ilustrasi rempah. (Foto Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Pada zaman dahulu, rempah sangat lekat keberadaannya oleh orang-orang Indonesia. Rempah-rempah Indonesia banyak digunakan untuk produk obat tradisional, produk kecantikan atau kosmetik, farmasi, bumbu masak, parfum, sabun, dan masih banyak lagi.

Rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma khas dan digunakan dalam makanan baik sebagai perisa maupun pengawet. Dari sekian banyak rempah yang ada di dunia, beberapa di antaranya memiliki harga yang fantastis.

Mengutip berbagai sumber, berikut rempah-rempah yang memiliki harga fantastis.

1. Jintan

Jintan biasanya digunakan untuk menambah aroma serta memberi efek hangat dalam masakan. Rempah berwarna hitam ini banyak diproduksi di Maroko, India, Mesir, dan Iran. Bicara tentang harganya, jintan dihargai sebanyak Rp 534 ribu per 0,45 kilogram.

2. Vanili

Kebanyakan vanili digunakan dalam pembuatan kue. Hal itu karena vanili bisa memberikan aroma yang lezat pada kue buatanmu. Memang jika di Indonesia harga vanili kisaran Rp28.000 per batang.

Namun, jika kamu pergi ke Madagaskar, kamu akan melihat harga vanili yang mencapai Rp650 ribu per kilogramnya bahkan lebih jika kualitasnya bagus.

3. Kuma-kuma

Kuma-kuma sering digunakan dalam pelbagai hidangan di Timur Tengah. Rempah ini digunakan sebagai pengharum aroma, pewarna alami makanan, hingga pewarna pakaian.

Iran menjadi negara yang membudidayakan rempah ini dengan jumlah produksi terbanyak. Untuk harga per kilogramnya, kuma-kuma dibanderol dengan harga mencapai Rp140 juta.

4. Serbuk Sari Adas (Fennel Pollen)

Serbuk sari adas atau fennel pollen juga termasuk salah satu rempah termahal di dunia. Meskipun tidak sulit untuk menanam adas, serbuk sarinya harus dipetik dengan tangan dan tidak banyak yang bisa didapatkan saat panen.

Sebagian besar serbuk sari adas yang ditanam secara komersial berasal dari wilayah Tuscany di Italia. Setiap 500 gram serbuk sari adas dijual dengan harga sekitar Rp6,4 juta.

5. Mahlab

Alasan mahlab begitu mahal adalah karena proses yang sangat panjang untuk membuka lubang ceri. Kernel benih kemudian dikeringkan sebelum dijual utuh atau digiling. Rempah ini banyak digunakan dalam masakan Yunani dan Timur Tengah.

Namun, mahlab tidak begitu terkenal di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Harga mahlab per 500 gram adalah sekitar Rp669.000.

6. Merica Merah

Meski namanya merica merah, rempah ini sebenarnya bukan merica. Rempah ini berasal dari pohon cemara Schinus molle, dari Andes Peru.

Baca Juga: Bikin Geleng Kepala, Rempah-rempah Ini Punya Harga yang Fantastis
Hangatnya Gentong Mas, Minuman Gula Aren Herbal Olahan Pesantren Garut

Pohon ini juga dikenal sebagai pohon lada California atau pohon lada Peru. Pohon ini menghasilkan buah yang berharga, yang disebut merica merah.

Merica merah memiliki rasa yang cocok untuk dijadikan saus salad atau hidangan ayam. Rempah ini memiliki tekstur yang cukup lembut, tidak perlu penggiling merica untuk menghaluskannya. Rempah ini dijual dengan harga sekitar Rp320.000 per 450 gramnya.

Video Terkait