Menanam Mentimun di Teralis? Begini Caranya

Ilustrasi mentimun. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Mentimun masuk kategori tanaman rambat. Untuk taman kecil di rumah, menanam mentimun juga bisa dilakukan di teralis. Selain menambah adem, juga menambah keuntungan dengan panen mentimun.

Melansir Balcony Garden Web, teralis untuk menanam mentimun bisa berupa apa saja yang kokoh dengan tinggi empat hingga enam kaki. Teralis perlu dipasang saat tanaman mentimun mencapai tinggi empat hingga enam inci.

Jangkar bagian bawah teralis dengan kuat ke tanah untuk memastikannya tetap kokoh di tempatnya.

Tanaman mentimun akan menghasilkan sulur panjang yang perlu diikatkan di teralis saat tanaman merambat. Sulur sangat rapuh jadi berhati-hatilah ketika memegangnya. Anyamlah bagian atas untuk tanaman masuk dan keluar dari teralis saat tumbuh.

Bagaimana cara menanam mentimun di teralis? Pertama, tentukan lokasi untuk menanamnya. Mentimun membutuhkan setidaknya lima hingga enam jam sinar matahari langsung setiap hari.

Kemudian, pilihlah lokasi tumbuh yang cerah dengan memiliki empat hingga enam kaki ruang vertikal di atas kepala. Tujuannya, untuk mengakomodasi teralis dan mentimun yang sedang tumbuh.

Langkah kedua untuk menanam mentimun di teralis adalah tanah gembur yang kaya bahan organik dengan pH sekitar 5,5-7. Tambahkan banyak bahan organik dan kompos ke media tanam untuk meningkatkan pertumbuhan. Atau ciptakanlah pot DIY untuk pertumbuhan mentimun.

Lalu langkah ketiga ketika menanam mentimun di teralis adalah menentukan pengairan. Kandungan air yang tinggi dari buah sangat penting dari bagaimana cara menyirami tanaman secara teratur dan dalam. Hindari membasahi dedaunan dan terlalu banyak air.

Aturan terbaik yang harus diikuti adalah menyirami tanaman saat lapisan tanah atas terasa agak kering saat disentuh.

Langkah keempat adalah mengetahui mulsa. Musim kering tidak sehat untuk tanaman mentimun dan dapat berdampak buruk. Mulsa di sekitar pangkal tanaman akan mencegah tanah mengering terlalu cepat. Gulma juga akan sulit tumbuh dari lapisan mulsa yang tebal.

Baca Juga: Menanam Mentimun di Teralis? Begini Caranya
Ternyata, Begini Cara Mengendalikan Gulma Tanpa Bahan Kimia

Adapun manfaat menanam mentimun di teralis adalah untuk mencegah pembasahan dedaunan dan mencegah infeksi jamur. Alih-alih menutupi ruang di tanah, tanaman akan memanfaatkan ruang vertikal.

Manfaat menanam mentimun di teralis juga melingkupi sirkulasi udara yang lebih baik di sekitar tanaman yang akan membuatnya tetap sehat dan produktif.

Selain itu, manfaat menanam mentimun di teralis memudahkan pemilik untuk mengamati dan mengendalikan serangan hama.

Video Terkait