Selain Turunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Ilustrasi ketumbar. (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 18 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Kalian pasti sudah tidak asing bukan dengan manfaat ketumbar, salah satu bumbu dapur yang bagus untu kesehatan. Ketumbar sendiri biasa digunakan untuk hidangan internasional.

Berasal dari tanaman Coriandrum sativum di Amerika Serikat, daunnya disebut dengan cilantro. Sedangkan di negara lain ketumbar dikenal dengan nama Peterseli Cina. Rasa ketumbar sendiri dapat kamu rasakan di makanan India, Timur Tengah juga Asia seperti kari dan masala.

Berikut adalah 7 manfaat ketumbar kesehatan yang mengesankan.

1. Membantu menurunkan gula darah

Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2Biji ketumbar, ekstraknya, dan minyak yang dihasilkan dapat membantu menurunkan gula darah.

Faktanya, orang yang memiliki gula darah rendah atau minum obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

2. Kaya akan antioksi dan penambah kekebalan tubuh

Manfaat ketumbar lainnya yaitu menawarkan beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidannya telah terbukti melawan peradangan di tubuh. Hal ini karena senyawa terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang mungkin memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan, dan neuroprotektif, menurut penelitian tabung dan diuji coba pada hewan

Satu studi tabung menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

3. Bagus untuk kesehatan jantung

Ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air. Ini dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol juga. Banyak orang menemukan bahwa makan rempah-rempah pedas seperti ketumbar membantu mereka mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

4. Dapat melindungi kesehatan otak

Sifat anti-inflamasi ketumbar dapat melindungi terhadap penyakit otak, termasuk Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, terkait dengan peradangan. Ketumbar juga dapat membantu mengelola kecemasan.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar hampir sama efektifnya dengan Diazepam, obat kecemasan umum, dalam mengurangi gejala kondisi ini. Masih perlu penelitian lanjutan yang ditujukan untuk manusia. 

5. Dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus

Minyak yang diekstraksi dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehatEkstrak ketumbar digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran. 

6. Dapat melawan infeksi bakteri

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit bawaan makanan.

Dodecenal, senyawa dalam ketumbar, dapat melawan bakteri seperti Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang mengancam jiwa dan mempengaruhi 1,2 juta orang setiap tahun di Amerika Serikat

Studi lain menunjukkan bahwa minyak ketumbar harus digunakan dalam formulasi antibakteri karena kemampuannya untuk melawan penyakit bawaan makanan dan infeksi yang didapat di rumah sakit.

Baca Juga: Selain Turunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan
Penelitian Terbaru Ungkap Pisang Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

7. Dapat melindungi kulit 

Ketumbar mungkin memiliki beberapa manfaat kulit, termasuk untuk ruam ringan seperti dermatitis. Sebuah studi lain mencatat bahwa antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan kulit yang dipercepat, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B

Selain itu, banyak orang menggunakan jus daun ketumbar untuk kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat berminyak, atau kekeringan. Meskipun demikian, penelitian tentang penggunaan ini harus lebih diperkuat. 

Video Terkait