Pembudidaya Tabulampot Diajak Manfaatkan Digital Marketing Perluas Pasar

Ilustrasi - Budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot). (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 19 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mendukung pengembangan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Sebagai bentuk dukungan, dia memberikan motivasi kepada peserta pelatihan berwirausaha budidaya tabulampot di Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark Kota Magelang, Kamis (19/5/2022).

Aziz mengajak peserta belajar dan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas pasar dengan memanfaatkan program balai belajar, yang memiliki wi-fi gratis di tiap-tiap RT/RW.

Pelatihan diikuti perwakilan warga dari tiga kelurahan, yakni Kelurahan Wates, Jurangombo Selatan dan Kramat Utara Kota Magelang.

"Kami ada program balai belajar, coba dimanfaatkan untuk belajar digital marketingPenjenengan perlu belajar bagaimana menjual produk secara online. Kemudian manfaatkan pula pelatihan-pelatihan yang diadakan Pemkot dengan baik," katanya.

Aziz mengapresiasi kegiatan pelatihan kewirausahaan di bidang pertanian, khususnya budi daya tabulampot karena mendukung salah satu program unggulan "Magelang Keren" (Kelurahan Entrepreneur Center).

"Dengan begitu diharapkan, para peserta ini bisa menjadi wirausaha baru yang memiliki penghasilan tambahan," katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang Agung Widhiantoro menjelaskan para peserta pelatihan berjumlah 30 orang meliputi perwakilan Kelurahan Wates (14 orang), Jurangombo Selatan (1 orang) dan Kramat Utara (15 orang).

Baca Juga: Pembudidaya Tabulampot Diajak Manfaatkan Digital Marketing Perluas Pasar
Tabulampot Adalah Bertanam di Pot, Berikut Tanaman Buah Terbaiknya



"Selain mendapatkan materi dari narasumber, peserta juga mendapatkan fasilitas, antara lain bibit atau bahan percobaan yakni pohon mangga dan durian serta sekam," katanya.

Dia menambahkan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengembangkan diri menjadi wirausaha baru khususnya di bidang budidaya tabulampot, di mana pembentukan wirausaha ini menjadi program unggulan Kota Magelang.

Video Terkait