Ini Sederet Kehebatan Jagung Rebus, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi jagung. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 20 Mei 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Jagung rebus merupakan biji-bijian yang memiliki rasa lezat dan kaya nutrisi serta padat gizi. Meski begitu, selama ini banyak orang menyepelekan Manfaat Jagung rebus untuk kesehatan.

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Melansir Healthline, jagung mengandung kalori, protein, karbohidrat, gula, serat, dan lemak.

Selain itu, jagung rebus juga kaya akan asam folat, vitamin C, kalium, serta zat cryptoxanthin. Bahkan jagung rebus juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Nah, berikut ini manfaat kesehatan dari jagung rebus untuk tubuh. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang mematikan nomer satu didunia adalah penyakit jantung. Bio-flavonoid, karotenoid, dan vitamin C yang ada pada jagung rebus baik untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah.

2. Mencegah Diabetes

Vitamin B yang ada dalam jagung rebus mengatur metabolisme protein, lipid, dan karbohidrat, dan fitokimia yang ada mengatur pelepasan insulin.

Jagung manis memiliki indeks glikemik 58, menjadikannya makanan super bagi penderita diabetes. Kandungan yang ada di dalamnya dapat membantu mengendalikan diabetes. Kandungan fitokimia fenolik yang ada di dalamnya juga dapat mengontrol hipertensi.

3. Mencegah Kanker Paru-Paru

Umumnya penyakit yang berbahaya satu ini menyerang orang yang sudah berumur 40 tahun. Nah, dengan rutin mengkonsumsi jagung rebus, dipercaya mampu mencegah dari bahaya kanker paru-paru. Kandungan cryptoxanthin, disinyalir dapat menghambat perkembangan kanker paru-paru menjadi lebih ganas.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan vitamin B dan thiamin pada jagung rebus bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Di mampu mencegah penyakit alzheimer yang kerap dialami lansia. Sebagian sel-sel di otak sudah tidak berfungsi sehingga kemampuan otak menurun.

5. Sebagai Sumber Energi

Salah satu manfaat jagung rebus adalah sebagai sumber energi. Soalnya, jagung rebus mengandung karbohidrat di dalamnya. Tak heran jika jagung digunakan untuk pengganti nasi. Sumber energi yang penting adalah karbohidrat.

Terdapat 50% kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya didapatkan makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus.

6. Menyehatkan Mata

Kandungan karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) pada jagung bisa menunjang sistem imun tubuh dan dianggap sebagai vitamin yang penting untuk kesehatan mata. Tingginya kadar karotenoid dalam darah bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makular dan katarak pada lansia.

Baca Juga: Ini Sederet Kehebatan Jagung Rebus, Salah Satunya Baik untuk Ibu Hamil
Jangan Dibuang, Ini Sederet Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kesehatan

7. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan asam folat yang tinggi di dalam jagung sangat baik untuk ibu hamil. Jadi jangan heran, kamu sedang hamil disarankan untuk konsumsi menu yang satu ini.

Jagung rebus adalah makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap ibu hamil. Namun, jika mengalami kaki bengkak saat hamil, konsultasikan dengan dokter sebelum mengubah pola makan ini.

Video Terkait