5 Buah Ini Tinggi Karbohidrat dan Sangat Menyehatkan

Ilustrasi Buah-buahan (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Selama ini karbohidrat mendapat reputasi buruk. Orang sering mengaitkannya dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Ya, memang benar bahwa makanan olahan yang tinggi gula biasanya kurang akan kandungan vitamin dan mineral penting. Meskipun diet rendah karbohidrat dapat bermanfaat bagi sebagian orang, tidak ada alasan untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat sama sekali.

Mengutip Healthline, berikut sumber tinggi karbohidrat yang justru menyehatkan.

1. Pisang

Pisang adalah buah populer yang suka digunakan orang dalam berbagai resep. Satu pisang besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati atau gula.

Buah pisang juga tinggi potasium dan vitamin B6 dan C. Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat. Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang hijau mentah memiliki kandungan pati yang lebih tinggi. Kemudian berubah menjadi gula alami saat pisang matang, yaitu ketika pisang berubah menjadi kuning. 

Dengan demikian, kamu akan cenderung mendapatkan lebih banyak pati dan lebih sedikit gula jika makan pisang saat kurang matang.

2. Ubi jalar

Setengah cangkir (100 gram) ubi jalar tumbuk yang dimasak dengan kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula, dan serat.

Ubi jalar juga merupakan sumber yang kaya vitamin A, vitamin C, dan potasium. Terlebih lagi, ubi jalar mengandung antioksidan, yang merupakan senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya untuk melindungi dari penyakit kronis.

3. Bit

Bit mentah dan dimasak mengandung sekitar 10 gram karbohidrat per 100 gram, terutama dari gula dan serat. Bit juga mengandung vitamin dan mineral, bersama dengan antioksidan kuat dan senyawa tanaman.

Selain itu, bit juga tinggi nitrat anorganik, yang diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat menurunkan tekanan darah dan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit.

Jus bit juga sangat tinggi nitrat, dan atlet terkadang menggunakannya untuk meningkatkan kinerja fisik.

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang populer. Buah ini terdiri dari air dan sekitar 15,5 gram karbohidrat per porsi 100 gram. Jeruk juga merupakan sumber serat yang baik.

Buah ini kaya akan vitamin C, potasium, dan beberapa vitamin B. Selain itu, jeruk mengandung asam sitrat, serta beberapa senyawa tanaman yang kuat dan antioksidan.

Baca Juga: 5 Buah Ini Tinggi Karbohidrat dan Sangat Menyehatkan
Kaya Serat dan Vitamin, Belimbing Baik untuk Kesehatan

Makan jeruk dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan penyerapan zat besi untuk membantu mencegah anemia.

5. Blueberry

Blueberry sering dipasarkan sebagai makanan super karena kaya akan antioksidan. Blueberry sebagian besar terdiri dari air, serta sekitar 14,5 gram karbohidrat per 100 gram.

Selain itu, buah blueberry juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin K, dan mangan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry adalah sumber senyawa antioksidan yang baik, yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak. Studi menunjukkan bahwa makan blueberry bahkan dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa yang lebih tua.

Video Terkait