Simak 2 Cara Menyimpan Ubi Jalar yang Benar

Ilustrasi ubi jalar. (Antara)

Editor: Putri - Jumat, 20 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Sentra ubi jalar di Indonesia diketahui ada di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Irian Jaya, dan Sumatra Utara. Salah satu sentra produksi ubi jalar Jawa Barat adalah Kabupaten Kuningan.

Mungkin kamu juga pernah membeli ubi jalar sebagai oleh-oleh. Kamu membelinya begitu banyak hingga membusuk karena salah menaruhnya.

Jadi bagaimana cara menyimpan ubi jalar yang benar? Berikut cara menyimpan ubi jalar mengutip All Recipe.

1. Cara Menyimpan Ubi Jalar Mentah

Sebagai umbi yang kokoh, ubi jalar relatif mudah disimpan. Yang terbaik adalah menyimpan ubi jalar di tempat yang sejuk dan kering serta mendapat ventilasi yang baik.

Kamu benar-benar tidak boleh menyimpan ubi jalar di lemari es jika berencana untuk memakannya dalam waktu sekitar satu bulan. Hal tersebut dikarenakan pendinginan dapat menyebabkan bagian tengahnya keras dan dagingnya terasa tidak enak.

Baca Juga: Simak 2 Cara Menyimpan Ubi Jalar yang Benar
Sering Diabaikan, Daun Cabai Ternyata Ampuh Atasi Penyakit Ini

Secara teknis ubi jalar akan bertahan lebih lama jika didinginkan, hanya saja rasanya akan tidak enak.

2. Cara Menyimpan Ubi Jalar yang Dikukus

Namun, setelah dikukus, ubi jalur harus dimasukkan ke dalam wadah kedap atau kantong zip lalu dimasukkan lemari es. Ubi jalar akan baik-baik saja selama sekitar lima hari.

Kamu tidak boleh meninggalkan ubi jalar yang dimasak pada suhu kamar selama lebih dari dua jam, karena dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Video Terkait