Kenali Buah Ackee, Beracun namun Jadi Makanan Pokok di Jamaika

Ilustrasi Buah Ackee (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 25 Mei 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Buah ackee merupakan buah yang berasal dari Afrika Barat. Buah ini sangat populer bagi masyarakat Jamaika. Selain terkenal dengan nama ackee, tumbuhan serta buahnya juga terkenal dengan nama achee, ackee apple, dan vegetable brain.

Diwartakan oleh jis.gov.jm, ackee diklaim sebagai buah nasional Jamaika. Ackee bisa dimakan dalam keadaan matang maupun mentah. Hidangan ackee yang paling populer adalah ackee rebus.

Ackee rebus disajikan dengan ikan cod yang sudah diasinkan. Menu ini juga disebut-sebut sebagai hidangan nasional Jamaika.

Umumnya, tinggi pohon ackee bisa mencapai 10 meter, dengan daun-daun yang selalu hijau tanpa mengalami musim gugur. Ketika masih mentah atau muda, buah ackee berwarna hijau. Buah ini akan merekah saat matang dan memperlihatkan bijinya yang berwarna hitam dengan daging buah kekuningan.

Tak banyak yang tahu tentang buah ackee karena memang buah ini cukup kontroversi. Meski di tempat asalnya buah ini menjadi makanan pokok, tetapi buah ackee juga mengandung racun.

Biji buah ackee mengandung racun hypoglycin yang dapat menyebabkan mual dan muntah akut yang lebih dengan dengan nama JVC (Jamaican Vomiting sickness Syndrome). Bahkan terparahnya ada kasus yang menyebabkan seseorang meninggal dunia karena memakan buah ini.

Oleh karena itu, buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan matang, sebab buah yang masih belum matang beracun. Untuk memastikan buah ackee telah masak atau belum, kita bisa melihatnya langsung di pohon.

Ciri buah ackee yang masak terlihat dari buahnya yang terbelah secara alami, namun masih menggantung di pohon. Jika ingin meniru orang Afrika dalam mengonsumsi buah ini, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu dalam air garam atau susu, lalu ditumis dengan mentega.

Baca Juga: Kenali Buah Ackee, Beracun namun Jadi Makanan Pokok di Jamaika
Campolay, Buah Asal Meksiko yang Rasanya Mirip Ubi Rebus

Buah ackee yang telah matang memiliki kandungan nutrisi yang baik, meliputi asam lemak esensial, vitamin A, seng, dan protein. Asam lemak yang terkandung dalam buah ackee bahkan mencapai 50 persen, yang meliputi linoleat, stearat, dan asam palmitat. Selain itu, buah ackee juga mengandung lemak omega-6.

Selain asam lemak, buah ackee juga tinggi protein, mengandung vitamin B dan C, zinc, fosfor, kalium, kalsium, dan serat, namun rendah kalori dan karbohidrat. Dengan semua nutrisi tersebut, mengonsumsi buah ackee dapat memberi asupan gizi untuk tubuh, serta menunjang kesehatan.

Bagaimana, apa kamu tertarik memakannya?

Video Terkait