Kaya Serat, Buah Ini Cocok untuk Permasalahan Pencernaan

Buah alpukat. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 22 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Kamu tentunya sudah mengetahui jika makanan yang mengandung serat bisa kamu dapatkan dari buah-buahan. Serat merupakan salah satu senyawa penting untuk memelihara kesehatan organ pencernaan serta kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Serat terdiri atas 2 jenis yakni serat tak larut dan serat larut. Serat larut lebih gampang dicerna oleh tubuh, tetapi serat tak larut masih tetap utuh hingga dikeluarkan dari dalam tubuh. 2 jenis serat tersebut bisa mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung, hipertensi dan stroke.

Dari sebuah penelitian setidaknya wanita dewasa harus mengkonsumsi serat berkisar 21-25 gram sehari, sementara pria dewasa perlu mengkonsumsi 30-38 gram serat setiap harinya.

Namun, apakah kamu tahu buah apa yang kaya akan serat. Simak dibawah ini.

Pir
Dalam 100 gram buah pir terdapat 3 gram serat. Ini membuat buah pir dapat dapat digunakan sebagai buah andalan dalam mengontrol kadar gula darah, membuang racun di dalam sistem pencernaan, sekaligus menjaga kesehatan usus di dalam pencernaan.

Alpukat
Buah alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Untuk 100 gram alpukat terdapat 6,7 gram serat makanan. Tak hanya itu saja, alpukat memiliki kandungan senyawa bioaktif yang membantu mengurangi risiko kegemukan.

Pisang
Di dalam 100 gram buah pisang mengandung sekitar 2,6 gram serat. Oleh sebabnya pisang termasuk buah yang sangat bernutrisi dan aman dikonsumsi oleh pengidap maag, yang terkadang mengalami kesulitan dalam memilih buah, karena kandungan asam yang dapat memicu gejala asam lambung.

Belimbing
Salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia adalah buah belimbing. Buah yang tumbuh di iklim tropis ini ternyata mengandung nutrisi utama vitamin C dan serat. Serat dalam buah belimbing dapat melancarkan pencernaan serta menunda pengosongan lambung yang membuat tubuh berhenti berkeinginan untuk makan makanan manis.

Jambu biji
Buah jambu biji juga kaya serat, bahkan 100 gram jambu biji mengandung 5,4 gram serat makanan. Selain kaya serat, jambu biji juga rendah kalori, jadi sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Kaya Serat, Buah Ini Cocok untuk Permasalahan Pencernaan
Simak Cara Makan Buah yang Benar agar Lebih Maksimal Manfaatnya

Delima
Buah delima termasuk salah satu jenis buah dalam kelompok beri yang mengandung serat yang tinggi. Meskipun buah delima lebih populer sebagai buah yang kaya akan antioksidan namun siapa yang menyangka bahwa dalam 100 gram buah delima terdapat 4 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kiwi
Kiwi merupakan buah yang kaya nutrisi yang mengandung serat larut dan tidak larut, 100 gram buah kiwi mengandung 3 gram serat makanan. Jadi kiwi baik untuk pencernaan dan menurunkan berat badan.

Video Terkait