5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Morning Glory

Ilustrasi morning glory (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Morning glory adalah salah satu tanaman hias yang cukup banyak penggemarnya. Tampilannya cantik sehingga sangat memikat siapapun yang memandangnya.

Morning glory termasuk tanaman merambat yang cukup unik. Ia bisa berubah warna tergantung waktu. Ketika pagi hari ia berwarna ungu dan berubah menjadi pink saat siang hari.

Jika kamu tertarik untuk merawatnya, sebenarnya sangatlah mudah. Sebab tanaman ini tidak memerlukan perlakuan yang spesial.

Kamu cukup melakukan pemupukan dan penyiraman, tanaman ini sudah dapat tumbuh dengan subur. Untuk pemupukan, lakukan setiap 2-2,5 bulan sekali. Sementara untuk penyiraman, kamu bisa melakukan minimal 5-7 hari sekali.

Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam merawat tanaman hias ini, apa saja?

1. Mendapatkan Sinar Matahari

Penting untuk diketahui, bahwa tanaman morning glory sangat membutuhkan sinar matahari secara langsung. Selain untuk fotosintesis, sinar matahari ini bermanfaat agar mendapatkan warna bunga yang terang, terutama pada bibit yang baru ditanam atau masih muda.

2. Menjaga Kelembapan

Selanjutnya adalah menjaga kelembaban. Meski mudah, unsur ini tidak boleh terlewatkan, ketika berumur 5 sampai 21 hari setelah benih ditanam. Hal ini demi pertumbuhan yang baik hingga bagian daunnya muncul.

Lembab disini mengandung arti tidak basah dan jangan sampai menggenang.

3. Sediakan Penyangga

Morning glory adalah salah satu tanaman rambat. Oleh karena itu kamu harus menyediakan penyangga seperti tiang untuk tanamannya. Namun jika kamu menanamnya di pot gantung, tidak perlu lagi menyediakan tiang.

Sebab tanaman akan merambat ke bawah seperti tanaman gantung lainnya.

4. Penyiraman Disesuaikan dengan Kondisi

Penyiraman morning glory harus disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu. Jika sedang musim hujan atau iklim yang lembap, maka kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya, terlebih jika posisi peletakannya di luar rumah.

Namun ketika cuaca sedang panas, maka lakukan penyiraman sebanyak dua kali seminggu atau disesuaikan dengan kondisi kelembapan tanahnya.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Morning Glory
Morning Glory, ‘Bunga Cantik dan Unik’ yang Hanya Bermekaran Saat Pagi Hari

5. Pemupukkan

Hal penting yang tidak boleh luput dari ingatan adalah pemupukan. Pemupukan dibutuhkan tanaman untuk menambah nutrisi yang harus terpenuhi.

Namun pemupukan cukup diberikan sekali satu bulan saja agar tanaman tumbuh secara ideal.

Apabila kamu terlalu sering memberikan pupuk, justru akan berisiko merusak ciri khas tanaman yang tumbuh merambat. Kamu bisa memilih jenis pupuk apa yang sesuai dengan morning glory dengan membelinya di toko pertanian.

Video Terkait