Waspada! Ini Efek Samping Jeruk Lemon Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Ilustrasi lemon sebagai baterai buah terbesar di dunia. (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 22 Mei 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Lemon adalah buah populer yang sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Ia sering hadir untuk disajikan bersama saus salad, makanan laut, minuman, dan banyak lagi.

Selain itu buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C. Satu 58 gram (g) lemon dapat menyediakan lebih dari 30 miligram (mg) vitamin C.

Namun tahukah kamu, meskipun kandungannya bermanfaat, buah ini juga punya efek samping jika diminum terlalu banyak, beberapa diantaranya adalah:

1. Dapat merusak gigi

Buah lemon memiliki rasa yang sangat asam. Oleh karena itu menurut American Dental Association, mengonsumsinya terlalu sering dapat mengikis email gigi.

Untuk mengonsumsinya juga sebaiknya gunakan sedotan untuk mengurangi paparan asam langsung pada gigi. Selain itu kamu juga harus menyikat gigi setelah mengkonsumsi air lemon dan minum banyak air putih bersama dengan gelas yang diresapi dengan jeruk.

2. Dapat menyebabkan masalah perut

Kandungan vitamin C yang banyak dan rasa yang asam ini memang sangat bermanfaat. Namun ternyata juga bisa memiliki efek samping pada kesehatan usus.

Umumnya mengonsumsi terlalu banyak buah lemon, dapat memperburuk penyakit perut umum seperti penyakit refluks gastroesofagus (GERD) dan refluks asam. GERD dan refluks asam dipicu oleh makanan asam, seperti lemon, dan dapat menyebabkan mulas, mual, dan muntah.

Baca Juga: Waspada! Ini Efek Samping Jeruk Lemon Jika Dikonsumsi Setiap Hari
Dear Bunda, Begini Cara Penyajian Jeruk Baby yang Tepat untuk Bayi

3. Dapat menjadi inang bagi kuman

Berdasarkan sebuah studi tahun 2007 dari Journal of Environmental Health, para peneliti menguji 76 sampel lemon dari 21 restoran berbeda selama 43 kunjungan dan menemukan bahwa banyak dari buah lemon mengandung mikroorganisme, termasuk beberapa patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu untuk meminimalkan risiko, peraslah lemon ke dalam minuman alih-alih memasukkan seluruh irisannya.

4. Dapat memperburuk sariawan

Sariawan memang sangat mengganggu, terutama ketika sedang makan. Sebenarnya banyak cara untuk mempercepat penyembuhannya, yaitu dengan memperbanyak asupan vitamin C.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi buah lemon justru bisa memperburuk sariawan, menurut American Dental Association.

Video Terkait