Simak 5 Manfaat Labu Siam yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Labu Siam. (Freepik)

Editor: Putri - Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Labu siam adalah labu berkulit tipis yang berasal dari Meksiko. Sebagai anggota keluarga labu, buah hijau bergelombang ini umumnya juga tersedia di Indonesia, baik di swalayan maupun pasar tradisional.

Di Indonesia, labu siam dijadikan sebagai makanan tumisan yang dicambur dengan cabai. Tanaman dengan nama latin Sechium edule dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci atau direbus. Selain nikmat, labu siam juga menyehatkan.

Mengutip webMD, berikut manfaat dari labu siam yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Hati

Labu siam mengandung senyawa yang melindungi penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit hati.

Studi telah menemukan bahwa labu siam dapat membantu mengurangi timbunan asam lemak di hati dan menurunkan kadar kolesterol. Sayuran ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan kemampuan untuk memproses lemak.

2. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Labu siam relatif rendah karbohidrat dan relatif tinggi serat, kombinasi nutrisi yang dapat membantu kamu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Kandungan serat yang tinggi pada labu siam membuat kamu merasa lebih kenyang setelah memakannya sedikit. Serat juga membantu memperlambat penyerapan karbohidrat tubuh yang membantu mengatur kadar gula darah.

3. Pengurangan Peradangan

Makan labu siam memberikan manfaat pengurangan peradangan dan stres oksidatif yang signifikan, proses yang memiliki efek berbahaya pada sel-sel tubuh.

Secara khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa labu siam membantu mengurangi tanda-tanda sindrom metabolik, faktor risiko penurunan kognitif dan kelemahan untuk orang dewasa yang lebih tua.

Antioksidan dan nutrisi dalam labu siam, seperti vitamin C, juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat labu lainnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat.

Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Labu Siam yang Perlu Diketahui
Rahasia Kemangi Ternyata Bisa untuk Kurangi Risiko Alzheimer

5. Menurunkan Kadar Asam Urat

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, purin dapat mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat.

Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Video Terkait