Intip 5 Sayuran yang Dapat Mengontrol Gula Darah

Kimchi makanan Korea yang populer di Indonesia. (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 22 Mei 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Bagi penderita pradiabetes, diabetes, atau kondisi lain yang mempengaruhi gula darah, diet adalah bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat.

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, mengikuti diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Sementara beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, dapat berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain dapat mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip Healthline, berikut sayuran yang dapat mengontrol kadar gula darah.

1. Brokoli

Sulforaphane adalah jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Bahan kimia tanaman ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase.

Penelitian pada tabung, hewan, dan manusia menunjukkan bahwa ekstrak brokoli kaya sulforaphane. Sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah.

2. Labu dan Biji Labu

Berwarna cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan, labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah. Faktanya, labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran.

Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah. Perawatan dengan ekstrak dan bubuk labu telah terbukti secara signifikan menurunkan kadar gula darah pada penelitian manusia dan hewan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana labu utuh, seperti saat dimakan dipanggang atau dikukus, dapat bermanfaat bagi gula darah.

3. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan nutrisi, seperti magnesium, serat, dan protein, yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Keduanya tinggi serat larut dan pati resisten, yang membantu memperlambat pencernaan dan dapat meningkatkan respons gula darah setelah makan.

Banyak penelitian lain menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil tidak hanya bermanfaat bagi pengaturan gula darah. Tetapi juga mungkin membantu melindungi dari perkembangan diabetes.

4. Kimchi dan Asinan Kubis

Makanan fermentasi seperti kimchi dan asinan kubis dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan. Mengonsumsi kimchi telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian pada 21 orang dengan pradiabetes menemukan bahwa makan kimchi yang difermentasi selama 8 minggu meningkatkan toleransi glukosa pada 33 persen peserta, sementara hanya 9,5 persen peserta yang mengonsumsi kimchi segar menunjukkan peningkatan toleransi glukosa.

5. Kale

Kale sering digambarkan sebagai makanan super. Kale memiliki senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk serat dan antioksidan flavonoid.

Baca Juga: Intip 5 Sayuran yang Dapat Mengontrol Gula Darah
Hari Olahraga Nasional, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Usai Olahraga

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa Jepang menunjukkan bahwa mengonsumsi 7 atau 14 gram makanan yang mengandung kale dengan makanan berkarbohidrat tinggi secara signifikan menurunkan kadar gula darah setelah makan, dibandingkan dengan plasebo.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam kale termasuk quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurun gula darah yang kuat dan efek sensitisasi insulin.

Video Terkait