Tanam Petai Cina di Rumah untuk Dapatkan Manfaat Berikut Ini

Ilustrasi petai cina. (unsplash)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 23 Mei 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Memiliki tanaman petai cina di rumah tentu tidak ada salahnya. Tumbuhan tropis yang juga dikenal lamtoro, pete selong atau kaladingan ini sering diolah menjadi bahan makanan.

Tanaman petai cina seringkali ditemui pada fasilitas umum perumahan atau komplek. Tanaman yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat dari buah hingga daunnya. Meski bernama petai, tanaman ini berbeda dari petai biasanya.

Melansir sejumlah sumber, petai cina sering diolah menjadi tempe. Sedangkan daunnya sering ditambahkan sebagai penyedap dalam sayuran.

Lamtoro memiliki nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C,energi, mimosin, leukanin dan leukanol.

Sedangkan daun petai cina memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, fosfor, zat besi, vitamin C, energi, vitamin A dan B1. Selain itu, daun petai mengandung flavonoid dan saponin.

Berikut ini manfaat petai cina untuk kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun petai cina memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Maka itu, daun yang satu ini sering dijadikan sebagai obat tradisional yang juga mengatasi peradangan, luka terbuka dan bengkak.

Namun, penyembuhan luka ini hanya diperoleh dari ekstrak daun petai cina.

2. Mengatasi penyakit kulit

Lamtoro memiliki manfaat untuk membantu mengurangi peradangan di kulit akibat penyakit psoriasis. Biasanya gejala yang dialami adalah gatal, perih, kulit bersisik, kemerahan dan bengkak di kulit.

Baca Juga: Tanam Petai Cina di Rumah untuk Dapatkan Manfaat Berikut Ini
Dikenal sebagai Makanan Penutup, Ini 5 Jenis Jeruk dari Indonesia

3. Mengatasi Infeksi Saluran Pencernaan

Daun petai cina berpotensi mengatasi infeksi bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang sering menyebabkan infeksi pencernaan seperti diare, mual dan nyeri perut. Khasiat tersebut diperoleh melalui proses pelunakan jaringan daun petai cina dengan penguapan etanol 70 persen.

4. Mengatasi Diabetes

Petai cina dapat mencegah maupun mengatasi penyakit diabetes. Hal ini diketahui dari penelitian yang dilakukan pada tikus.

Video Terkait