5 Tanaman Ini Bisa Jadi Peneduh, Cocok untuk Pekarangan Rumah

Ilustrasi tanaman peneduh. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 24 Mei 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Tanaman peneduh yang ditanam di pekarangan rumah dapat memperbaiki kualitas udara dan bikin suasana semakin adem. Namun akar tanaman perlu diperhatikan apakah akan merusak fondasi rumah atau tidak.

Terdapat tanaman peneduh yang mampu menjernihkan udara. Selain itu, tanaman peneduh berupa pohon buah dapat dinikmati hasilnya ketika panen. Tidak ada salahnya untuk membuat rumah lebih adem dengan tanaman peneduh, bukan?

Melansir sejumlah sumber, berikut 5 tanaman peneduh yang aman ditanam di pekarangan rumah:

1. Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah banyak ditanam di perumahan-perumahan. Pucuk merah termasuk tanaman peneduh yang aman ditanam di pekarangan rumah. Seperti namanya, pohon pucuk merah memiliki ujung daun muda berwarna merah sehingga membuatnya terlihat menarik.

2. Pohon Mangga

Pohon mangga juga banyak ditanam di perumahan. Pohon mangga termasuk tanaman peneduh yang aman ditanam di pekarangan rumah. Keuntungan menanam pohon mangga adalah dapat dinikmati buahnya ketika panen. Meski demikian, perawatan pohon mangga harus diperhatikan karena mudah terserang hama.

3. Pohon Flamboyan

Pohon flamboyan termasuk tanaman peneduh yang aman ditanam di pekarangan rumah. Tanaman satu ini juga mempunya pesona dengan bunga rimbun berwarna merah oranye.

Namun tanaman ini membutuhkan pekarangan yang luas karena sifat tumbuhnya yang melebar. Bahkan tingginya bisa melebihi rumah yang tidak bertingkat.

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Bisa Jadi Peneduh, Cocok untuk Pekarangan Rumah
DKPKP DKI Jakarta- Ditjen Horti Tanam Pohon dan Panen di Susia Garden

4. Pohon palem

Pohon palem juga bisa dijadikan sebagai pohon peneduh sekaligus pohon hias. Tanaman ini juga bisa sebagai penetralisir udara.

5. Cemara Pensil

Cemara pensil bisa menjadi pilihan untuk rumah dengan pekarangan yang kecil. Selain itu cemara pensil tidak memiliki dahan yang tumbuh melebar karena pertumbuhannya menjulang ke atas.

Video Terkait