Seperti Manusia, Pohon Miliki Usia? Begini Cara Hitungnya

Ilustrasi pohon. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 24 Mei 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Pohon memiliki usia sama halnya dengan manusia dan hewan. Tidak heran ketika mendengar seseorang mengatakan, terdapat pohon yang sudah berusia ratusan tahun.

Cara menghitung usia pohon memang sedikit berbeda dengan cara menghitung usia manusia atau hewan. Jika umur manusia atau hewan biasanya dihitung dari tanggal lahir, tidak demikian dengan pohon.

Melansir sejumlah sumber, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitung usia pohon:

1. Ukur keliling

Cara pertama adalah dengan mengukur keliling pohon. Caranya, balutkan pita pengukur pada batang pohon dengan ketinggian setara dada. Tinggi dada dalam kehutanan adalah 1,5 meter dari tanah.

Apabila tanah melandai, ukur 1,5 m dari ketinggian tanah pada sisi hulu, beri tanda lalu lakukan juga pada sisi hilir. Rata-rata ketinggian dada adalah titik tengah antara ukuran hulu dan hilir.

Untuk batang pohon bercabang pada ketinggian kurang dari 1,5 m, ukur keliling persis di bawah percabangan.

2. Temukan Diameter

Menghitung usia pohon bisa dilakukan dengan cara menemukan diameter dan radius batang pohon. Untuk mencari diameter dengan cara keliling dibagi pi (3,14). Kemudian temukan radius dengan cara diameter dibagi dua.

Contohnya, keliling sebuah batang pohon adalah 375 sentimeter. Menghitung diameter dengan cara 375 dibagi 3,14 menghasilkan 119,4 cm atau kurang lebih sebesar 120 cm. Untuk menghitung radiusnya, diameter (120) dibagi 2 yang menghasilkan 60 cm.

Baca Juga: Seperti Manusia, Pohon Miliki Usia? Begini Cara Hitungnya
Kopi Solok Radjo Jadi Simbol Petani Kopi Lembah Gumanti Naik Kelas

3. Tebal Pohon 

Untuk menghitung tebal pohon seperti damar cukup dengan mengurangi radius 2,5 cm. Untuk pohon dengan kulit tipis kurangi 0,5 cm.

4. Hitung Lebar Lingkar Cincin

Ketika ada pohon yang hampir tumbang dapat dihitung lebar rata-rata lingkar cincinnya. Caranya dengan menghitung radius serta jumlah cincin. Setelah itu, bagi radius dan jumlah cincin untuk menemukan rata-rata lebar lingkar cincin.

Video Terkait