Bisa Kelola Gula Darah, Ini 5 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Ilustrasi pohon kersen. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 24 Mei 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Pohon buah kersen biasanya banyak ditemui di perumahan. Salah satu keunggulan menanam pohon ini adalah dapat membuat rumah lebih adem dan asri. Selain itu, buah kersen dapat dinikmati ketika panen.

Buah kersen berbentuk bulat kecil seperti ceri. Buah dengan nama latin Muntingia calabura ini memiliki rasa manis ketika sudah berwarna merah.

Melansir sejumlah sumber, buah yang disebut orang Amerika sebagai Jamaica cherry atau strawberry tree mengandung air, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, thiamin, riboflavin, niasin dan asam askorbat.

Berikut ini 5 manfaat buah kersen untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat buah kersen untuk kesehatan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung oksida nitrat yaitu salah satu zat kimia alami dalam tubuh yang membantu pembuluh darah untuk lebih rileks. Dengan itu, darah bisa lebih mudah mengalir dan mengurangi tekanannya.

2. Mengatasi nyeri

Manfaat buah kersen untuk kesehatan juga membantu mengatasi rasa nyeri dari sakit kronis, radang sendi atau asam urat. Namun buah ini tidak mengobati melainkan hanya meredakan nyeri.

Buah kersen memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C yang berguna untuk meredakan nyeri.

3. Menjaga saluran pencernaan

Manfaat buah kersen untuk kesehatan juga untuk menjaga saluran pencernaan seperti perut kembung, heartburn, buang angin terus menerus, mual dan muntah.

Baca Juga: Bisa Kelola Gula Darah, Ini 5 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan
Cerita Budidaya Bengkuang Banyumas, dari Bedeng Sampai Masuk Perpustakaan

Buah kersen bersifat anti inflamasi dan anti bakteri.

4. Mengelola kadar gula darah

Buah kersen bermanfaat untuk membantu mengelola kadar gula darah. Hal ini dipengaruhi oleh vitamin C, serat, beta karoten dam vitamin B kompleks di dalamnya.

5. Meningkatkan imun tubuh

Buah kersen juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai peradangan seperti pembengkakan sendi hingga demam. Kersen bersifat antibakteri dan antijamur.

Video Terkait